Lindungi diri Anda dari Ancaman Polusi Udara - Male Indonesia
Lindungi diri Anda dari Ancaman Polusi Udara
Sopan Sopian | Sex & Health

Tidak semua orang mendapatkan kemewahan untuk tinggal di lingkungan yang aman, bersih, dan sehat. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, polusi kendaraa adalah santapan setiap hari. Masyarakat yang tinggal di area ini tentu akan berpotensi mendapatkan masalah kesehatan. 

Photo: Pxhere.com

Tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara pun yang dipenuhi dengan polusi kendaraan tentunya memiliki risiko kesehatan yang sama. Seperti halnya sebuah laporan yang diterbitkan baru-bari ini, di mana seseorang yang berusia 28 tahun, dia bukan perokok di Delhi, India, didiagnosis menderita kanker paru-paru.

Para dokter menyalahkan udara beracun kota itu atas penyakit tersebut. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa polusi udara menjadi penyebab kanker paru-paru dan masalah kesehatan mental. Polusi kendaraan yang merupakan faktor penyebab polusi udara ditemukan menjadi penyebab yang umum. 

Ketika kendaraan di jalan meningkat, terlepas dari masalah lalu lintas, masalah kesehatan juga akan meningkat. Mengutip Times Now News, jika Anda tinggal di salah satu kota yang memiliki mobil lebih banyak daripada orang, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk tetap aman dari polusi kendaraan dan terhindar dari beberapa penyakit yang dapat dicegah.

1. Menggunakan Masker dan Kacamata
Salah satu hal paling penting yang harus Anda lakukan untuk tetap aman dari polusi adalah menggunakan masker. Masker membantu menjaga polutan dan racun dari tubuh, dengan menyaringnya dan bertindak sebagai penghalang antara hidung atau mulut dan polutan.

Jika Anda bepergian dengan kendaraan terbuka atau menggunakan transportasi umum, masker terbukti sangat bermanfaat dalam mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh udara yang tercemar. Mengenakan kacamata juga dapat membantu mencegah polutan memasuki mata Anda secara langsung.

2. Berpergian dengan Kendaraan Tertutup
Jika Anda bepergian dengan kendaraan terbuka, Anda akan lebih berisiko terpapar bahan kimia, racun, dan polutan dari kendaraan. Karena itu dianjurkan untuk bepergian dengan kendaraan tertutup dan sebisa mungkin untuk menghindari menghirup udara beracun.

3. Tanaman dalam Ruangan
Tanaman dalam ruangan dapat bertindak sebagai pembersih udara alami untuk mengurangi efek berbahaya dari udara yang tercemar. Selain mencegah polusi kendaraan, Anda juga harus melindungi diri dari polusi udara dalam ruangan.

Hanya melindungi diri dari polusi kendaraan atau luar ruangan dinilai tidak cukup untuk mencegah penyakit. Tanaman dalam ruangan dapat membantu membersihkan udara di rumah dan membuatnya lebih segar untuk bernafas. Tanaman dalam ruangan juga membantu memfasilitasi ventilasi yang sangat penting untuk menghirup udara yang lebih bersih. *** (SS)

SHARE