Waktu Terbaik Buat yang Ingin Melamar Kerja - Male Indonesia
Waktu Terbaik Buat yang Ingin Melamar Kerja
Sopan Sopian | Works

Setiap orang ingin memiliki karier yang baru atau mendapatkan karier yang diinginkannya. Sehingga mereka berlomba-lomba mengirimkan lamaran pekerjaan. Akan tetapi pertanyaannya, kapan waktu atau hari yang tepat dalam seminggu untuk mengirimkan lamaran kerja?

Photo by rawpixel.com from Pexels

Terenya mengirimkan lamaran kerja tidak bisa sembarangan. Anda waktu yang tepat kapan Anda harus mengirimkannya. Menurut penutlis Penulis Dawn Papandrea dalam laman Businessnewsdaily, perusahaan tidak mengikuti waktu kelulusan seseorang dari universitas. Tetapi memiliki waktu yang berbeda ketika ingin merekrut karyawan.

Dilain pihak, Indeed merilis data menarik terkait kebiasaan perusahaan dalam mem-posting lowongan pekerjaan. Indeed melaporkan bahwa 9,2% porsi lowongan tahunan perusahaan di-posting pada bulan Januari. Sebaliknya, Desember justru menjadi bulan “tersepi” karena rata-rata perusahaan hanya mem-posting 7,2% lowongan tahunan mereka di bulan ini.

Desember Waktu yang Tepat
Menurut Jodi Chavez, kepala dari perusahaan rekrutmen global Randstad Professionals, bulan Desember biasanya menjadi bulan di mana para karyawan melakukan evaluasi akhir tahun dan menentukan apakah mereka puas atau tidak puas dengan pekerjaan saat ini. Karena itulah, di awal tahun biasanya ada banyak kandidat yang mencari pekerjaan dan peluang baru.

Namun Desember bisa menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengirimkan lamaran jika Anda sudah ingin pindah ke kantor baru atau ingin mendapatkan pekerjaan bagi Anda yang baru lulus. Senior Executive Director di perusahaan rekrutmen Robert Half, Paul McDonald, menerangkan kepada BBC bahwa banyak perusahaan memanfaatkan waktu akhir tahun untuk menghabiskan budget dari manajemen sebelum hangus di di tahun berikutnya.

Bagaimana dengan bulan Januari? Mengingat adanya kemungkinan karyawan resign di akhir tahun, maka Anda patut waspada akan persaingan pencari kerja di bulan ini. Terlebih lagi ketika banyak orang yang biasanya memiliki semangat baru di awal tahun. Bulan Januari bisa menjadi bulan yang cukup kompetitif bagi para pencari kerja!

Hari Terbaik untuk Melamar Kerja
Percaya atau tidak, ada juga hari-hari tertentu di mana para pencari kerja disarankan untuk melamar. Data dari Indeed menunjukkan bahwa hari Selasa merupakan hari tersibuk karena jumlah pencarian mengalami lonjakan.

Tidak hanya menjadi hari tersibuk, Selasa juga ternyata merupakan pilihan hari terbaik untuk melamar kerja selain Senin. Menurut Jodi Chaves, banyak pakar setuju bahwa Senin atau Selasa merupakan saat terbaik untuk mengirimkan CV jika dibandingkan dengan hari lainnya. Bukan sekadar mitos, pendapat ini didasari pada urutan dalam proses melamar kerja.

Jika ada lowongan yang baru saja dibuka, usahakan untuk tidak menjadi orang pertama yang melamar. Biasanya, perekrut akan melihat CV dan kemudian menunggu pelamar lain untuk membandingkannya dengan CV pertama, sehingga CV pertama otomatis akan menjadi pembanding.

Tips lain yang patut Anda ketahui yaitu sebaiknya menunggu 12 hingga 24 jam sejak lowongan dibuka, agar Anda tidak menjadi orang pertama ataupun orang yang terlambat melamar ke posisi tersebut. *** (SS)

SHARE