Kenali Penyebab Airbag Mobil tidak Mengembang - Male Indonesia
Kenali Penyebab Airbag Mobil tidak Mengembang
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Airbag atau balon udara adalah salah satu perangkat keselamatan yang memiliki tujuan untuk meminimalisir cidera ketika terjadi kecelakaan. Perangkat keselamatan ini akan melindungi beberapa bagian tubuh, terutama seperti bagian kepala dan dada.

Photo: David Perez/wikipedia

Fasilitas airbag saat ini terdapat pada berbagai jenis mobil, dari yang harganya "ekonomis" sampai yang harga selangit. Pada mobil dengan harga ekonomis, airbag biasanya ditempatkan pada kemudi dan ada pula pabrik yang menempatkannya pada kemudi dan dasbor.

Meski sudah menjadi perangkat keamanan standar, memang masih terbuka memungkinan airbag tidak mengembang ketika terjadi kecelakaan. Mengutip dari berbegai sumber, ada beberapa penyebab atau situasi dan kondisi yang mungkin airbag gagal mengembang.

Menabrak Benda Bergeser
Pertama, menabrak benda bergeser. Kantong udara tidak akan mengembang jika menabrak benda yang bergerak, karena energi yang diterima tidak cukup kuat untuk menghidupkan sensor yang akan menghidupkan airbag.

Menabrak Tiang atau Pohon
Kantong udara tidak akan mengembang jika mobil menabrak tiang, pohon, pilar atau benda sejenis tepat di bagian tengah kendaraan. Hal itu terjadi karena letak sensor bukanlah di tengah, melainkan di depan kanan dan kiri.

Tabrakan Miring
Tabrakan dari depan dengan arah miring ke kiri atau ke kanan dengan sudut di atas 30 derajat tidak akan membuat sensor mengembangkan kantung udara. Pada kecelakaan dengan kemiringan di atas 30 derajat, mobil akan tetap berjalan sampai jarak tertentu, contohnya kasus-kasus mobil menabrak pembatas jalan di sisi kiri atau kanan.

Tabrakan dari Belakang
Benturan dari belakang, samping dan terguling tidak akan membuat sensor airbag menyala karena yang diperlukan pada kecelakaan itu bukanlah kantung udara, melainkan sabuk keselamatan dan sandaran kepala yang mampu menjaga tubuh dan leher tidak terlempar lebih jauh.

Mobil Terguling 
Selainjutnya, penyebab dari agagalnya airbag gagal menggembang adalah mobil terguling. Ketika kecelakaan dan mobil terguling-guling, benturan yang umum terjadi adalah antara sisi samping mobil atau bagian atas-bawah mobil.

Tabrakan Beruntun
Jika tabrakan frontal, airbag masih mungkin mengembang. Sementara jika hanya mengenai bagian samping bemper depan, airbag ada kemungkinan tidak mengembang. Misalnya seperti tabrakan beruntun. *** (SS)

SHARE