Skuter Kuliner, Berwisata Kuliner dengan Skuter - Male Indonesia
KOMUNITAS
Skuter Kuliner, Berwisata Kuliner dengan Skuter
MALE ID | Sport & Hobby

Skuter, khususnya Vespa memang memiliki keuinikan sendiri bagi pecintanya. Sehingga tidak sedikit komunitas pecinta Vespa bertebaran di Indonesia. Dari sekian banyaknya komunitasnya, ada salah satu perkumpulan skuter Vespa yang unik, namanya Skuter Kuliner.

Photo: doc. pribadi/Instagram @skuterkuliner

Seperti namanya, Skuter Kuliner ini tiap kali touring, mereka berburu makanan, baik yang sudah direncanakan ataupun dadakan yang ditemui saat berada di perjalanan. Mulai dari cafe, restoran, sampai tukang gorengan di pinggir jalan.

Meski berdiri baru pertangahan 2017 lalu, Skuter Kuliner kerap mengagendakan touring tahunan. Misalnya saja tahun 2019 ini, mereka memiliki agenda touring empat hari lamanya,  29 Agustus sampai 1 September 2019. Titik kumpulnya dari Purwokerto, kemudian dilanjutkan ke Dieng, dan lanjut lagi ke Yogyakarta.

"Kita memang perkumpulan dari Jakarta, tapi touring ini, rute Jakarta tidak dihitung, karena motornya di towing ke Purwokerto lebih dulu. Acara touring ini juga sebenarnya ingin kulineran doang, jalan-jalan gitu. Dan ini touring tahun ketiga Skuter Kuliner," tutur Pratiwi Mahardika, wanita yang lebih ingin disebut 'tim sibuk' daripada disebut sebagai ketua.

Bermula dari Celetukan
Pratiwi menolak jika Skuter Kuliner ini disebut sebagai komunitas. Rasanya,kata dia, terlalu berat jika disebut sebagai komunitas. Dia hanya ingin Skuter Kuliner disebut sebagai perkumpulan pecinta Vespa yang suka kuliner.

Photo: doc. pribadi/Instagram @skuterkuliner

Wanita yang akrab disapa Tiwi itu juga mengungkapkan bahwa awalnya tidak terpikirkan memiliki sebuah perkumpukan Skuter Kuliner. 

"Waktu itu ada acara di Jogja, sekitar pertengahan tahun 2017. Saya diajak teman-teman waktu itu. Terus kita berangkat dari Semarang. Karena sering mampir ke tempat makan pas di perjalanan, ada yang nyeletuk, gimana kalau namanya Skuter Kuliner?" cerita Tiwi saat ditemui MALE Indonesia di kawasan Jakarta Selatan.

"Waktu belum dinamai Skuter Kuliner, awalnya kita ini cuma pengen bahagia bersama Vespa saja. Jadi perjalanan Semarang-Jogja itu jadi touring pertama sekaligus tercetusnya Skuter Kuliner ini," tambahnya.

Tiwi juga mengungkapkan, awalnya perkumpulan Skuter Kuliner di dalamnya berisi teman-teman dari komuntias yang sama dan keluar untuk memilih menikmati Vespa secara independen. 

Photo: doc. pribadi/Instagram @skuterkuliner

"Karena sering mengajak teman-teman dari luar juga, seperti saya mengajak teman saya, dan teman-teman lainnya juga mengajak teman-temannya, lama-lama jadi banyak. Awalnya cuma delapan orang, sekarang di grup Whatsapp ada 23 orang," ujarnya.

Setahun kemudian, di tahun 2018, Skuter Kuliner melakukan touring kedua. Rutenya dari Surabaya menuju Bromo, kemudian ke Batu, Jawa Timur. 

Yang Penting Ngumpul
Agenda rutin bulanannya sendiri, kata Tiwi, selain mencari dan menyusuri tempat-tempat makan baru, juga melakukan door to door ke rumah masing-masing anggota. Tujuannya agar keluarga dari anggota bisa tahu orang-orang di dalam Skuter Kuliner.  

Photo: doc. pribadi/Instagram @skuterkuliner

"Sebenarnya  ini agenda baru, tapi sudah kita jalani beberapa bulan belakangan. Biar keluarganya juga tahu, siapa saja teman-teman yang sering ngajak touring. Dari sana kita juga punya keluarga baru," jelas Tiwi. "Dan tentunya sambil bawa makanan, kita makan-makan," tambah wanita cantik itu sambil tertawa kecil. 

Tiwi juga tidak memberatkan bagi siapa saja yang ingin ikut gabung bersama perkumpulan Skuter Kuliner. Anda bisa DM Instagram @skuterkuliner saja. 

"Untuk persyaratanya juga tidak ada persyaratan khusus, hanya punya skuter Vespa, baik klasik ataupun modern (matic), dan yang paling penting adalah bisa ngumpul dan ngobrol bersama," terang Tiwi. *** (SS)

SHARE