Saat Demam Emas Mewabah di Wilayah Klondike - Male Indonesia
Saat Demam Emas Mewabah di Wilayah Klondike
MALE ID | Story

Pada pertengahan Agustus 1896, George Carmack dikabarkan menemukan bongkahan kecil emas di dasar sungai Klondike, wilayah Yukon, Kanada. Kala itu, ia tengah memancing ikan salmon di sebuah sungai.


Photo: wikimedia commons

Penemuan tersebut memicu tingginya perburuan emas di Amerika. Sebagaimana dikutip dari History, perburuan emas Carmack sejatinya telah berlangsung pada tahun 1881. Ia berangkat dari California ke Alaska demi mendapat uang dari temuan benda berkilau itu.

Akhirnya, Carmack menemukan jalan buntu dan memutuskan untuk pergi ke wilayah Yukon yang sebenarnya terisolasi.

Pada tahun 1896, seorang calon penyelidik lain bernama Robert Henderson, memberi tahu Carmack mengenai penemuan emas di sekitaran sungai Klondike. Carmack menuju wilayah tersebut ditemani dua temannya, Skookum Jim dan Tagish Charlie.

Ia pun membangun kemah di dekat Rabbit Creek dan saat itu ia menemukan bongkahan kecil emas yang menonjol keluar dari tepi sungai. Kedua temannya akhirnya setuju, bahwa mereka bertiga benar-benar melakukan penemuan.

Setelah itu, mereka menemukan bebatuan yang sama dari tempat sebelumnya, dan di situlah mereka mendapat lebih banyak lagi emas.

Berita penemuan emas ini menyebar secara cepat di Kanada, dan Amerika Serikat selama dua tahun ke depan. Sebanyak 50.000 calon penambang berdatangan ke wilayah Klondike.

Rabbit Creek akhirnya diubah namanya menjadi Bonanza, dan setelah ditelusuri, bongkahan emas juga berlimpah di tempat-tempat lain.

Menjadi tempat tambang emas

Demam emas di Klondike mencapai puncaknya di Amerika Serikat pada pertengahan Juli 1897. Total emas yang dibawa dari Yukon ke Amerika adalah lebih dari dua ton.

Salah satu pencari emas yang tidak beruntung adalah Jack London (21), ia menuangkan cerita pendeknya menjadi sebuah buku pertamanya, “The Son of the Wolf” (1900).

Carmack sendiri menjadi kaya raya dari penemuannya tersebut. Ia meninggalkan Yukon dengan emas senilai satu juta Dollar.

Banyak dari penambang emas di Klondike menjual saham mereka kepada perusahaan penambang yang memiliki sumber daya dan mesin untuk bisa memaksimalkan aktivitas penambangan.

Saat ini, wilayah itu masih beroperasi. Sekitar 200 tambang masih berjalan di sekitar Klondike. [GP]

SHARE