Jaga Rambut Tetap Sehat dengan Minyak Kelapa - Male Indonesia
Jaga Rambut Tetap Sehat dengan Minyak Kelapa
MALE ID | Looks

Pemakaian minyak kelapa untuk menjaga rambut tetap sehat bukan mitos. Bahkan, minyak ini cocok diaplikasikan ke segala jenis rambut, mulai dari rambut normal hingga yang rusak.


Photo: Marco Verch Professional/flickr

Selain berguna bagi kesehatan tubuh, minyak kelapa juga dapat memberikan nutrisi dan melembapkan kulit kepala serta rambut pria. Sebuah penelitian mengungkap bahwa minyak kelapa bisa menumbuhkan serta menebalkan rambut secara efektif.

Melansir dari Hello Sehat, hasil yang diperoleh dari pemakaian minyak kelapa akan lebih baik bagi rambut ketimbang minyak mineral pada umumnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Membantu mencegah kerusakan rambut
Mengoleskan minyak kelapa sebelum atau setelah mencuci rambut dapat mencegah kerusakan pada rambut Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan minyak kelapa di rambut, yaitu mengoleskannya sebelum atau sesudah Anda keramas.

Menerapkan minyak kelapa ke rambut sebelum Anda keramas mampu mengurangi jumlah air yang diserap oleh batang rambut. Sehingga rambut Anda tidak rentan terhadap kerusakan ketika basah.

Sementara, olesan minyak kelapa setelah Anda keramas bisa bikin rambut Anda lebih lembut dan halus. Hal ini mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan oleh sisir, sehingga rambut Anda tidak mudah tersangkut dan patah.

Menumbuhkan rambut menjadi lebih panjang
Banyak pria ingin memiliki rambut panjang dan tersusun rapi. Namun perawatan, cuaca buruk dan polusi udara yang berinteraksi sehari-hari dengan rambut Anda justru bisa merusak rambut. Ini akan menyebabkan rambut Anda tumbuh tidak sehat dan terlihat lebih usang serta kering.

Minyak kelapa akan membantu helai demi helai rambut tumbuh lebih panjang dengan beberapa cara, yaitu:

1.Melembapkan rambut dan mengurangi kerusakan

2.Melindungi rambut Anda dari kehilangan protein dan kerusakan saat basah

3.Mencegah rambut dari kerusakan lingkungan seperti angin, matahari dan asap

Manfaat lain untuk rambut
Bukan cuma mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga warnanya, memakai minyak kelapa untuk rambut juga bisa mencegah tumbuhnya kutu, memberikan perlindungan dari matahari, sehingga ketombe tidak gampang muncul dan rambut terbebas dari rontok.

Kendati dianggap aman diterapkan pada kulit kepala dan rambut pria, pemakaian minyak kelapa terlalu banyak akan memicu penumpukan minyak di rambut.

Akibatnya, rambut menjadi kusam dan berminyak. Selain itu, rambut yang sebelumnya terlepas akan lebih mudah jatuh dari kulit kepala. [GP]

SHARE