Google Tinggalkan Kebiasaan Pemberian Nama Android - Male Indonesia
Google Tinggalkan Kebiasaan Pemberian Nama Android
MALE ID | Digital Life

Raksasa jagat teknologi, Google dikenal selalu memberikan nama pada sistem operasi Android mereka dengan makanan atau kudapan manis. Namun tampaknya, kebiasaan itu mulai berubah pada tahun 2019.


Photo: Pixabay

Usai Android Pie dirilis di tahun 2018 lalu, Google telah resmi mengumumkan nama dari Android Q. Nama sistem operasi terbaru itu secara sederhana adalah Android 10. Hal ini seolah memutus tradisi 10 tahun pemberian nama Android dengan makanan manis yang telah dimulai sejak Android 1.5 Cupcake.

Selanjutnya, tampaknya nama-nama Android bakal menggunakan angka untuk penerus Android 10, sebut saja Android 11, Android 12, dan sebagainya.

Di samping namanya yang baru, Google juga mendesain ulang logo Android. Menurut Aude Gandon, Global Brand Director Android, logo baru tersebut memiliki bentuk huruf yang lebih modern.

Tapi yang paling penting, robot hijau sebagai ciri khas Android masih ada di dalam logo baru. “Robot itu apa yang membuat Android spesial. Dan lebih manusiawi, menyenangkan, dan mudah didekati,” ujar Gandon, seperti dilansir dari The Verge.

Masuk akal memang melihat Google meninggalkan tradisi makanan manis di pemberian nama sistem operasi Android. Pasalnya, sangat sulit untuk menemukan makanan manis dengan awalan huruf Q yang bisa disematkan kepada Android Q.

Walau begitu, menurut Sameer Samat, VP Product Management Android, sebenarnya pemberian nama makanan manis dengan huruf Q bukan kendala utama.

“Kami memiliki beberapa nama yang bagus, tapi di beberapa kasus nama-nama itu meninggalkan sebagian dunia,” ucap dia, mengutip The Verge.

Samat mengatakan bahwa nama Lollipop yang dipakai untuk Android 5.0 relatif sulit diucapkan di sejumlah kawasan. Begitu pula Marshmallow yang dipakai di Android 6.0, justru tidak terkenal di beberapa tempat. Sedangkan untuk angka, Samat merasa itu lebih universal dan mudah diucapkan.

Nantinya, Google masih tetap akan membangun patung Android di markasnya di Mountain View, California, AS. Tapi, untuk Android 10, patungnya bakal berganti jadi angka 10, bukan lagi makanan manis. Sejauh ini, belum diketahui jadwal pasti kapan Android 10 bakal diluncurkan secara luas di semua perangkat. [GP]

SHARE