Minum Kopi Menjaga Kesehatan? Jelas Bisa! - Male Indonesia
Minum Kopi Menjaga Kesehatan? Jelas Bisa!
maleindonesia | Sex & Health

minum kopi pixabay.com

Hingga kini kopi masih menjadi salah satu minuman favorit bagi pria, juga wanita. Banyak orang minum kopi dengan berbagai modifikasi seperti kopi dicampur dengan susu, latte atau gula, tapi tentunya kopi hitam ada di posisi terdepan yang selalu diminati. Dari mereka yang bangun pagi sambil memyimak berita, sampai mereka yang akrab dengan kerja lembur di malam hari.

Baca Juga : Memilih Kopi, Kenali Jenis dan Varietasnya

Asal kata Kopi itu sendiri sebenarnya dari bahasa Arab yaitu qahwah yang punya arti kekuatan. Lalu kata qahwah ini di Turki berganti menjadi kahveh dan di Belanda disebut koffie. Selain banyak yang menyukai, tak sedikit pula yang tidak suka minum kopi karena mereka khawatir dengan adanya berbagai efek buruk, utamanya dari zat kafein yang terkandung di dalamnya.

Tapi kenyataannya kafein tidak seburuk yang banyak diperkirakan. Bahkan manfaatnya justru terbilang banyak, antara lain:

1. Melindungi dari Penyakit
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Cambridge, kopi dapat menjaga tubuh dari diabetes tipe 2 karena memiliki efek menurunkan berat badan, membantu melindungi tubuh dari kanker kolorektal, asam empedu dan mengeluarkan sterol netral ke dalam usus besar, meningkatkan motilitas kolon, dan memiliki sifat antioksidan. Selain itu, penelitian di Harvard juga mengungkapkan bahwa kopi mengontrol tekanan darah, menghindari penyakit kardiovaskular.

2. Mempercepat Kinerja Otak
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengatasi adenosin yang tidak normal. Adenosin adalah bahan khusus penghambat kinerja otak yang membuat orang cepat mengantuk.

3. Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif
Ahli nutrisi dan diet, Joan Salge menulis hasil penelitian dalam American Journal of Epidemiology di tahun 2002 menemukan fakta bahwa seseorang yang sering minum kopi pahit tanpa gula bisa memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus.

4. Membantu Program Diet
Kopi hitam tanpa gula adalah rendah kalori sehingga dapat menjadi pendukung program diet karena tidak ada gula dalam kopi berarti kalori yang ditemukan adalah rendah.

Baca Juga : Kurangi Penyajian Kopi dengan Suhu Panas

Tapi ada baiknya pula, untuk menghindari efek buruk, perhatikan beberapa cara minum kopi yang sehat berikut:

  • Pilihlah kopi alami tanpa tambahan pemanis, krimer dan lainnya. atau akan lebih baik lagi pilih kopi hasil olahan tradisional.
  • Meminum kopi dengan dosis yang cukup dan tidak berlebihan, sekitar 1 s.d. 3 cangkir.
  • Jika saat meminum kopi terjadi respon yang tak baik, sebaiknya hentikan dulu meminum kopi. ** MALE
SHARE