Cerita Singkat Joe Taslim Sebagai Atlet Judo - Male Indonesia
Cerita Singkat Joe Taslim Sebagai Atlet Judo
MALE ID | News

Salah satu nama aktor Indonesia yang kini kian melambung di industri film Hollywood adalah Joe Taslim. Di tahun 2019 ini, kini ia digadang-gadang akan memerankan film karakter Sub Zero dalam film Mortal Kombat.


Photo: Sopian/Male Indonesia

Sebelum terjun ke dunia akting, sebagian orang mungkin baru menyadari bahwa ia dulunya adalah atlet judo. Kendati seperti itu, Joe sebenarnya sempat bermimpi ingin menjadi atlet bulu tangkis. 

Sayangnya hal itu tidak tercapai. Keinginan Joe menjadi atlet bulu tangkis harus pupus karena perekonomian keluarga Joe pas-pasan. Orangtua Joe tidak sanggup membelikan perlengkapan bulu tangkis seperti sepatu dan raket.

Dari sana barulah ia menemukan jalur karier yang hingga akhirnya membawa kesuksesan hingga sekarang. Joe mengaku, kunci mendapatkan itu semua adalah terus bergerak.

“Rintangan terbesar dalam hidup saya berawal dari keterbatasan meraih mimpi menjadi atlet bulu tangkis, tapi saya tak gentar, saya terus bergerak, hingga akhirnya saya menemukan jalur karier baru sebagai atlet Judo," tutur Joe Taslim dalam peluncuran film pendek Keep On Rollin.

Lebih lanjut, Joe juga bercerita bahwa, rintangan selama karier yang ia hadapi, tidak hanya berhenti mimpinya sebagai atlet bulu tangkis. Saat sukses sebagai atlet Judo, rintangan baru datang. 

"Rintangan lain kembali hadir saat saya mengalami cedera lutut ketika harus bertanding membela Indonesia pada kejuaraan Judo. Syukurnya, tekad dan usaha berbuah manis, saya berhasil mempersembahkan medali ke pangkuan Ibu Pertiwi," ceritanya.

Cedera yang dialaminya tersebut, terjadi pada 2001. Dia pun berusaha menyembuhkannya dengan melakukan operasi kaki kiri pada tahun 2007. "Kalau yang kanan belum. harus banyak istirahat, dan yang penting saya bisa beraktivitas," ujar aktor film Fast and Farious itu.

Untuk diketahui, Joe Taslim sempat meraih medali perak dalam SEA Games 2007 di ajang Judo, pemilik nama lengkap Johannes Taslim ini juga semakin dikenal lewat aktingnya dalam The Raid: Redemption, sebagai Jaka.

Berkat The Raid: Redemption, nama Joe Taslim semakin harum. Ia diketahui sempat bermain dalam film laga horor arahan HBO Asia berjudul, Dead Mine, hingga berhasil tampil menawan dalam film Fast and Furious 6, serta Star Trek Beyond. Dalam film tersebut, Joe diketahui berperan sebagai alien bernama Manas atau Anderson Lee, yang merupakan tangan kanan dari Idris Elba.

Joe juga kemudian mengatakan bahwa alternatif untuk menyembuhkan kaki yang sebelah kanannya harus melalui operasi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih, namun karena jadwal yang sangat padat mengharuskan dirinya untuk tetap menggunakan pelindung kaki.

"Solusinya dengan operasi, tapi harus lima bulan. Sedangkan saya tidak punya waktu luang lima bulan, ada kerjaan dan kontrak yang tidak boleh dilewatkan," ujarnya.

Karenanya, untuk mengatasi cederanya ini, dia pun harus melakukan terapi, sering berolahraga, dan rajin melatih otot-ototnya. "So far saya bisa beraktivitas dengan baik, olahraga lebih rajin, melatih otot-otot lebih rajin juga bisa membantu," ucap Joe.

Olahraga Judo untuk Orang yang Tahan Sakit
Selain dengan memotivasi diri untuk terus bergerak dalam mencapai kariernya. Joe memang dari kecil sudah cinta dengan olahraga. Atas kecintaannya, orang tua Joe tak ingin semangat anaknya luntur. Orang tuanya kemudian memasukannya ke kelas Judo.

Sang Ayah awalnya memasukannya ke pusat pelatihan Judi di Palembang, kemudian akhrinya masuk ke pusat pelatihan nasional (Pelatnas) Judo di Jakarta. "Motivasi kedua saya masuk pelatnas karena satu-satunya cara saya agar orangtua enggak perlu biayain sekolah saya lagi," ucao Joe.

Meski dibiayai negara, Joe juga tidak mau main-main. Joe sadar bahwa biaya tersebut ia dapatkan dari pajak yang dipungut dari warga. "Makanya pas judo, tanggung jawab setengah gila. Pas pulang kalah, malu. Itu makanya dijalankan dengan baik," kata dia.

Joe juga mengaku, menurutnya Judo itu very manly, gagah. Semua atlet Judo pasti punya badan seperti seperti prajurit karena latihan yang keras. Saat latihan judo, Joe mengatakan semua ototnya itu dilatih. Dari mulai tangan hingga otot telinga. Sehingga ketika sedang bertanding, bisa lebih bertahan. 

Menurut Joe, olahraga Judo yang ditekuni bertahun-tahun mampu membentuk tubuh yang kokoh seperti karang. Karena latihannya yang keras, olahraga ini bukan untuk semua orang. "Ini adalah olahraga yang keras. Buat yang tidak tahan sakit mungkin bisa coba olahraga lain," ungkap Joe. *** (SS)

SHARE