Bahaya Suara Tinggi Terhadap Paru-Paru Anda - Male Indonesia
Bahaya Suara Tinggi Terhadap Paru-Paru Anda
Gading Perkasa | Sex & Health

Buat Anda yang sering bernyanyi dengan suara tinggi atau mencari nada puncak, berhati-hatilah. Pasalnya, nada atau suara tinggi dapat menyebabkan paru-paru kolaps. Apakah itu?


Photo: Pexels

Beberapa waktu lalu, seorang pria di Cina mengalami paru-paru kolaps setelah berusaha mencapai suara tinggi saat karaoke. Seperti dilansir dari South China Morning Post, pria asal Nanchang ini menyanyikan 10 lagu bernada tinggi sekaligus hingga akhirnya ia menderita sakit di dada dan kesulitan bernapas.

“Saya sangat bersemangat pada momen itu. Namun, setelah menyanyikan beberapa lagu dengan nada tinggi, saya mengalami kesulitan bernapas,” tutur pria bernama Wang tersebut, mengutip South China Morning Post.

Setelah dilarikan ke Unit Gawat Darurat, diketahui bahwa Wang terkena penyakit paru-paru kolaps. Dokternya mengatakan, “ada tekanan besar di paru-paru Wang karena menyanyikan nada tinggi.” Beruntung, pria tersebut bisa mendapat perawatan yang tepat dan mulai pulih secara perlahan.

Menurut The American Lung Association, paru-paru kolaps, yang secara medis dikenal dengan nama pneumothorax, terjadi ketika lubang di paru-paru menyebabkan udara yang dihirup, bocor ke rongga antara paru-paru dan dinding dada.

Udara yang bocor itu nantinya akan menumpuk dan membangun tekanan di dalam rongga dada.

Kendati sering disebabkan oleh cedera di dada atau dari penyakit paru-paru yang mendasari, kondisi pneumothorax juga dapat terjadi tanpa alasan yang jelas.

Salah satu kasus paru-paru kolaps, pernah terjadi pada seseorang di Portugal usai jarum akupuntur masuk terlalu dalam dan menusuk paru-parunya, demikian dilaporkan IFL Science.

Di samping itu, pneumothorax juga pernah menyerang pria muda di Texas, Amerika Serikat saat ia berteriak terlalu kencang di sebuah konser. Padahal, ia juga tidak pernah memiliki penyakit paru-paru sebelumnya.

Pada kasus penyakit paru-paru kolaps akibat bernyanyi dengan nada atau suara tinggi ini, masih belum jelas apakah usia, kesehatan, atau kondisi paru-paru Wang yang melatarbelakangi ‘kecelakaan’ tersebut. Akan tetapi, untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menjaga nada suara Anda ketika berkaraoke. [GP]

SHARE