Makin Seru, Samsung Siapkan Layanan Streaming Game - Male Indonesia
Makin Seru, Samsung Siapkan Layanan Streaming Game
Gading Perkasa | Digital Life

Samsung pernah mengungkapkan ketertarikannya untuk merambah ke dalam bisnis streaming game. Ketertarikan tersebut muncul usai implementasi jaringan 5G berhasil dilakukan.

samsung game - male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy Note 10 yang diumumkan saat peluncuran global adalah Samsung PlayGalaxy Link. Fitur ini bakal segera hadir pada September 2019.

Samsung PlayGalaxy Link merupakan model layanan streaming game seperti yang lainnya. Memungkinkan game di platform lain seperti konsol atau PC dimainkan secara streaming di perangkat smartphone.

Layanan itu akan serupa dengan yang dimiliki Steam Link, Microsoft Xbox xCloud, serta Google Stadia. Melansir dari Tech Crunch, tanggal peluncuran layanan Samsung PlayGalaxy Link kabarnya sudah dikonfirmasi oleh perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut. Tapi belum diketahui, apakah layanan ini dirilis global atau beberapa negara.

Akun Youtube Samsung Korea sendiri sudah mengunggah video singkat mengenai contoh penggunaan fitur Samsung PlayGalaxy Link. Diperlihatkan bahwa pengguna bisa memainkan game yang ada di laptop ke sebuah seri Samsung Galaxy Note 10 dengan sebuah controller atau gamepad khusus.

Sejauh ini juga belum diketahui game apa saja yang siap mendukung layanan lintas platform dari Samsung PlayGalaxy Link. Seperti yang diketahui, tahun 2018 lalu, Samsung Galaxy Note 9 hadir menggandeng kerja sama dengan Epic Games untuk mengoptimalkan game Fortnite mobile di perangkat itu.

Menukil dari Android Police, gamepad tersebut merupakan buatan perusahaan bernama Glap dan didesain khsusus bagi Samsung Galaxy Note 10 dan 10 Plus disertai dukungan daya tahan baterai hingga 10 jam. Tentu saja gamepad ini bakal dijual secara terpisah.

Perangkat PC atau laptop yang digunakan harus memiliki aplikasi khusus. Jadi, Samsung PlayGalaxy Link disinyalir akan menyediakan aplikasi penghubung di layanan Windows App Store. Kabar beredar, layanan ini tidak bisa tersambung dengan PC atau laptop buatan Apple.

Kehadiran PlayGalaxy Link juga telah dikonfirmasi oleh sang CEO, Benjy Boxer. Ia menyebut dapat menyediakan sistem untuk PlayGalaxy Link dengan latensi yang rendah.

Bila hadir sesuai jadwal, maka Samsung berpotensi menjadi perusahaan teknologi pertama yang melakukan revolusi streaming game melalui cloud gaming. Pesaingnya, Apple memang telah mengumumkan Apple Arcade sejak Maret 2019, namun tak ada kejelasan.

Sebagai catatan, dalam menyediakan layanan streaming game, Samsung tidak berjalan sendirian. Mereka mengandalkan teknologi buatan startup asal New York bernama Parsec yang sudah dirintis sejak akhir 2017. [GP]

SHARE