Karya Drake Raih Rekor Fantastis di Dunia Musik - Male Indonesia
Karya Drake Raih Rekor Fantastis di Dunia Musik
MALE ID | News

Drake meraih album nomor satu ke-9 di daftar Billboard 200, seiring album kompilasi terbarunya, Care Package, tampil perdana di posisi teratas awal Agustus 2019. Set yang dirilis lewat Republic Records ini meluncur dengan 109.000 unit setara album yang diperoleh di Amerika Serikat, menurut Nielsen Music.

Photo: wikimedia commons

Sebagai catatan, album Ed Sheeran, No. 6 Collaborations Project, naik satu peringkat dengan 49.000 unit setara album. Sementara album milik Billie Eilish yang sempat menduduki puncak, When We All Fall Asleep, Where Do We Go? Juga naik satu peringkat, 47.000 unit.

Seperti dilansir dari UDiscover Music, ‘Care Package’ mengumpulkan 17 lagu dan rarities non-album Drake, di mana banyak di antaranya tidak pernah dirilis secara resmi dan hanya tersedia melalui Soundcloud atau Youtube.

Dengan demikian, Drake memperpanjang rekornya sendiri untuk album No. 1 terbanyak di dekade ini, setelah kesembilan albumnya menempati posisi puncak sejak tahun 2010.

Care Package juga menjadi album No. 1 pertama untuk OVO Sound, label yang ikut didirikan oleh Drake. Tadinya, seluruh album Drake dirilis melalui Young Money/Cash Money/Republic.

Atas raihan album No. 1 kesembilan, Drake melanjutkan pencapaiannya yang luar biasa di Billboard 200. Dia memiliki 11 entry di daftar ini, dan hanya dua yang gagal mencapai posisi puncak.

Pada Maret 2019 lalu, mixtape berjudul So Far Gone, yang awalnya dirilis secara cuma-cuma namun tidak pernah diluncurkan atau didistribusikan secara komersial ke layanan streaming, menempati No. 5 menyusul perilisan resminya.

Kemudian, di tahun 2009 silam, EP So Far Gone, versi pendek dari mixtape tersebut telah menandai rilisan album komersial pertama Drake dan bertengger di No. 6.

Dari sekian banyak artis dengan pencapaian No. 1 terbanyak di Billboard 200, rapper asal Kanada itu berada dalam deretan musisi legendaris lainnya. Dia setara dengan Garth Brooks, Eminem, Madonna dan The Rolling Stones (masing-masing sembilan album).

Di atas mereka, ada The Beatles (19), Jay-Z (14), Bruce Springsteen dan Barbra Streisand (11), serta Elvis Presley (10). [GP]

SHARE