Cara Siasati Kendala Bahasa Saat Liburan - Male Indonesia
Cara Siasati Kendala Bahasa Saat Liburan
Sopan Sopian | Relax

Berbagai macam kesulitan yang akan Anda hadapi saat traveling ke luar negeri, mungkin yang utamanya adalah bahasa. Bahasa setempat adalah salah satu tantangan yang mesti Anda selesaikan ketika plesiran di sana.

Kendala Bahasa - male Indonesia
Photo by Hoàng Ch??ng from Pexels

Anda jangan berpikir ketika liburan ke luar negeri semua orang bisa berbahaga Inggris. Faktanya, tidak semua warga lokal di suatu negara yang Anda kunjungi, bisa berbahasa Inggris. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Membawa Catatan
Jika tengah bertanya pada warga lokal yang menggunakan bahasa setempat, agar tidak lupa apa yang mereka ucapkan dan arahkan, Anda perlu membawa buku catatan kecil. Mereka mungkin akan mengerti mengapa Anda mencatat perkataan mereka.

Jika lupa, Anda masih bisa melihat catatan tersebut, dan bisa bertanya kembali dengan warga lokal yang lain. Atau setidaknya bisa meminta bantuan penduduk lokal di sana untuk menuliskan tujuan Anda atau apapun yang Anda inginkan atau buruhkan dalam bahasa mereka.

Memperbanyak Senyuman
Bila traveling ke luar negeri dan Anda mengalami kendala bahasa untuk berkomunikasi, tersenyumlah karena tersenyum adalah bahasa yang universal. Perlihatkan keramahan kepada lawan bicara Anda, meskipun mereka tidak mengerti apa yang Anda ucapkan.

Dengan menunjukkan keramahan melalui senyuman akan membuat lawan bicara Anda berusaha memahami dan mengerti apa yang Anda inginkan, karena mereka memandang Anda bukanlah orang yang jahat, melainkan orang yang membutuhkan bantuan. 

Menggunakan Bahasa Isyarat
Bila sedang berada di luar negeri dan berkeinginan menyampaikan sesuatu tetapi terkendala dengan bahasa, pergunakanlah bahasa isyarat, karena bahasa isyarat sarana yang paling efektif yang bisa disampaikan bila Anda berkeinginan berkomunikasi atau menanyakan sesuatu yang Anda perlukan kepada penduduk lokal. 

Namun perlu juga dipahami terkadang bahasa isyarat yang Anda sampaikan belum tentu mempunyai kesamaan dengan bahasa isyarat yang dimengerti lawan bicara Anda, misalnya di Indonesia atau dibeberapa negara pada umumnya, menggelengkan kepala dapat diartikan "Tidak", di India menggelengkan kepala dapat berarti "Iya", tergantung kepada gelengannya. 

Untuk itu sebelum bebergian wisata keluar negeri ada baiknya sedikit banyak mempelajari bahasa atau paling tidak isyarat yang umum dipergunakan di negara yang akan Anda tuju.

Menunjukan Simbol
Jika Anda bingung bagaimana mengutarakan maksud karena terkendala bahasa setempat, ada cara cerdik yang bisa Anda lakukan. Cara yang dimaksud adalah menggambarkan simbol. Misalnya, Anda ingin pergi ke hotel atau restoran, gambarlah bangunan dan tuliskan hotel.

Atau jika ingin makan, gambarkan rumah dengan simbol sendok dan garpu. Biasanya dengan simbol, mereka akan mengerti apa yang Anda utarakan. Jika begitu, pastikan Anda mengetahui bentuk-bentuk simbol yang dimengerti secara umum dan global.

Siapkan Peta Dua Bahasa
Berdasarkan kemajuan teknologi sekarang ini, sebenarnya Anda sudah tidak perlu khawatir tersesat, misalnya karena tidak mengetahui bahasa setempat, Anda bisa mengunduh aplikasi peta dengan berbagai translasi. Jadi Anda bisa menggunakan bahasa yang Anda ketahui dan bahasa setempat.

Yang Anda butuhkan untuk cara yang satu ini adalah ponsel pintar dengan daya baterai penuh. Perlu Anda ketahui juga, membuka aplikasi peta dengan durasi yang cukup lama akan menguras daya baterai Anda sedikit demi sedikit. Jadi pastikan ponsel pintar Anda itu telah mempunyai daya yang penuh. *** (SS)

SHARE