Akibat Kebiasaan Mengelupas Kulit Bibir Kering - Male Indonesia
Akibat Kebiasaan Mengelupas Kulit Bibir Kering
MALE ID | Looks

Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja, karena faktor udara yang terlalu dingin, kering, terlalu sering terpapar sinar matahari, atau juga kerena merokok.


Photo by Martin Péchy from Pexels

Selain itu, kulit bibir menjadi kering juga bisa disebabkan oleh hal sepela yang mungkin tidak Anda sadari. Misalnya membasahi bibir dengan lidah. Air liur yang difungsikan untuk membasahi bibir kering Anda justru akan menambah bibir cepat kering.

Alasannya, dalam air liur terdapat kelenjar dan enzim yang dapat membuat iritasi pada bibir sehingga bibir akan semakin kering.

Rentannya kulit bibir menjadi kering, karena memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dari kulit wajah. Ketika bibir sudah kering, rasa gatal ingin mengelupasnya tidak bisa ditahan. Bahkan tanpa sadar jari jemari mengarahkan sendiri dan mengulik hingga terkelupas.

Padahal, kebiasaan buruk mengelupas kulit bibir sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan hal-hal berikut ini.

Timbul Rasa Perih
Sengaja mengelupas kulit bibir dapat menimbulkan rasa perih yang teramat sangat. Terlebih lagi jika setelahnya Anda mengonsumsi makanan yang pedas. Jika di antara Anda ada juga yang memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir, segera hentikan jika tak ingin merasakan rasa perih.

Bibir Bisa Luka Hingga Rritasi
Memang, ketika melihat kulit bibir yang kering tangan rasanya “gatal” ingin segera mengelupasnya sampai tuntas. Karena jika terus dibiarkan akan menimbulkan rasa risih yang tak berkesudahan. 

Penampilan maksimal Anda juga bisa rusak. Makanya ingin dihilangkan secepat mungkin. Tapi jika dipaksa untuk dikelupas, bisa-bisa bibir malah jadi tambah rusak. Selain itu bisa menimbulkan luka serta iritasi. 

Bibir Sisa Menghitam
Selain karena merokok, mengelupas secara sengaja kulit bibir yang kering juga bisa membuat hitam. Mungkin Anda tidak merokok, tapi memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir, bisa jadi itu penyebab dari bibir Anda mulai menghitam.

Tidak enak bukan ketika Anda tidak merokok tetapi disangka merokok karena bibir Anda menghitam? Selain itu juga, penampilan dengan bibir menghitam seperti perokok juga kurang enak dipandang. 

Maka dari itu, hentikan kebiasaan Anda mengelupas kulit bibir Anda ketika kering. Lebih baik pakai pelembab dari pada Anda membuat buruk penampilan Anda sendiri. *** (SS)

SHARE