Naik Kereta Semakin Favorit untuk Pergi Berlibur - Male Indonesia
Naik Kereta Semakin Favorit untuk Pergi Berlibur
MALE ID | Relax

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang masih bisa diandalkan hingga saat ini. Meskipun traveling naik pesawat terasa jauh lebih praktis, teranyata penggunaan kereta untuk liburan meningkat drastis.

doc. klook

Meningkatnya daya tarik traveler menggunakan kereta api, dilihat oleh Klook, platform pemesanan kegiatan dan layanan perjalanan. Pihaknya telah melihat peningkatan sebanyak tiga digit dalam pemesanan tiket kereta api secara global, khususnya di Eropa. 
 
Klook kemudian meneliti alasan di balik meningkatnya tren bepergian dengan kereta api. Hasilnya, terdapat beberapa kelebihan menggunakan kereta untuk pergi liburan.

1. Lebih Cepat Dibanding Pesawat 
Sekilas perjalanan via kereta api terkesan lebih memakan waktu ketimbang perjalanan via pesawat, tetapi pertimbangkan waktu perjalanan Anda yang sebenarnya. Pertimbangkan waktu perjalanan dari pusat kota ke Bandara, waktu yang dibutuhkan untuk melewati keamanan bandara, waktu menunggu di gerbang dan waktu perjalanan dari bandara ke kota. 

Dengan pertimbangan waktu di atas, Anda akan menambahkan tiga jam ke total waktu perjalanan Anda. Di sisi lain, kereta api umumnya terdapat di pusat kota ke pusat kota dan Anda dapat tiba beberapa menit sebelum keberangkatan.

 

2. Baik untuk Kesehatan Kulit
Semua tahu bahwa melakukan penerbangan tidak baik untuk kulit. Tingkat kelembaban yang rendah di kabin membuat dehidrasi, belum lagi dengan ketinggian tinggi dan gerakan terbatas yang dapat membuat Anda untuk kurang bergerak.

Itu adalah hal yang buruk dan tidak perlu dilakukan wisatawan ketika ingin merasakan liburan terbaik. Di sisi lain, kereta api memiliki tingkat kelembapan yang jauh lebih dekat dengan apa yang disukai kulit Anda (antara 40-70%), dan Anda juga akan memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak dan lebih banyak kebebasan untuk bergerak di sekitar gerbong. 

Founder & Director di HydroSkincare, Parish Stapleton, merekomendasikan kereta api jika memungkinkan, “Biasanya kulit Anda membutuhkan waktu hingga 7 hari untuk pulih setelah penerbangan jarak jauh, dan 3-4 hari untuk jarak pendek,” tuturnya. 

3. Ramah Lingkungan
Jika dibandingkan dengan pesawat terbang, kereta api tidak hanya menghasilkan lebih sedikit emisi, tetapi emisi itu tidak dilepaskan langsung ke atmosfer atas yang tentunya sangat berbahaya. 

Perjalanan udara, terutama penerbangan "jarak pendek" kurang dari 480 kilometer, menghasilkan emisi karbon terbanyak dibanding opsi angkutan umum apapun karena konsumsi bahan bakar yang tinggi selama lepas landas dan mendarat.

Sebagai perbandingan, kereta api dapat menggunakan bahan bakar 50% lebih sedikit per penumpang daripada pesawat untuk perjalanan yang sama, menurut Badan Perlindungan Lingkungan. 

Beberapa kereta api saat ini menggunakan energi yang telah diperbarui, seperti matahari atau angin, yang mengimbangi jejak karbon Anda. Jelajahi Benelux (Belanda, Belgia, dan Luksemburg) dengan kereta api, semua listrik yang digunakan untuk menyalakan kereta api di Belanda berasal dari energi hijau yang terbaru.  

4. Bisa Membawa ke Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi
Pemerintah dan para pebisnis membangun bandara di lokasi yang strategis secara komersial dan ekonomis. Berarti secara umum Anda tidak akan menemukan bandara di kota-kota kecil. 

Di sisi lain, kereta api memungkinkan untuk mengunjungi kota-kota kecil. Tentu saja, ada bonus tambahan dari mengunjungi kota-kota kecil, Anda akan mendapat pemandangan yang lebih besar dan indah. 

Ya, Zurich misalnya, adalah kota yang hebat, tetapi apakah Anda pernah ke Luzern? Duduk di tengah-tengah pegunungan yang tertutup salju? Luzern adalah kota yang sudah ada sejak abad pertengahan, kota yang terpelihara dengan baik dan tahu cara mengadakan pesta meriah. 

Cobalah untuk mengunjungi Karnaval Luzern yang dikenal sebagai 'Fifth Season', lima hari perayaan tanpa henti. Luzern berada di jalur kereta utama antara Milan dan Zurich, dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Atau bepergian dari Berlin ke Frankfurt? Naik kereta dan berhenti di Weimar, yang relatif belum ditemukan oleh wisatawan. Kota ini adalah tempat pertama Bauhaus, dan memiliki begitu banyak situs yang terdaftar di UNESCO yang indah untuk dijelajahi. 

Tentu saja, ada bonus tambahan dari mengunjungi kota-kota kecil itu, Anda akan mendapat pemandangan Eropa yang lebih besar dan indah. 

5. Lebih Bebas
Ingin membawa 3 liter air? Tidak masalah. Ingin merenggangkan kedua kaki Anda? Tidak ada tanda sabuk pengaman untuk menghentikan Anda. Ingin bermain kartu dan membuat menara dari kartu? Tenang, tidak ada turbulensi.

Bekerja atau menonton film? Tentu bisa, karena tidak perlu menyimpan laptop Anda. Itulah kelebihan mengapa bepergiaan menggunakan kereta api menjadi tren, baik secara global maupun oleh para wisatawan di Eropa. *** (SS) 

SHARE