Teknik Memilih Outfit untuk Musim Kemarau - Male Indonesia
Teknik Memilih Outfit untuk Musim Kemarau
Sopan Sopian | Looks

Indonesia memang bukanlah negara yang memiliki mepat musim. Indonesia hanya memiliki dua musim, hujan dan kemarau. Nah, perlu disadari, mulai dari Juli hingga akhir September sejumlah wilayah mengalami musim kemarau.


Photo by Daniel Xavier from Pexels

Walaupun kemarau di Indonesia tidak sepanas seperti negara-negara yang memiliki empat musim. Tetapi tetep saja musim kemarau di Indonesia terasa panas. Efeknya, malas untuk pergi ke luar karena gampang keringetan.

Akan tetapi, Anda masih bisa diselamatkan jika Anda cerdik memilih outfit yang akan Anda gunakan. Maka dari itu, berikut ini teknik yang bisa Anda terapkan saat memilih outfit di musim kemarau atau musim panas.

Pilih Celana Berbahan Katun
Awali dengan bahan bawahan yang sangat penting. Pilihkan celana yang berbahan dasar katun. Untuk sementara waktu, celana denim simpan saja lebih dahulu. 

Karena, celana dengan bahan denim bisa membuat sirkulasi udara di kulit jadi terganggu, meski sifat celana denim tidak mudah kotor. Tapi, celana denim mempunyai sifat yang cepat menyerap panas.

Oleh sebab itu, gunakanlah celana dengan bahan katun. Misalnya saja model celana chino. Selain sangat cocok untuk acara formal dan juga non-formal, sirkulasi udara dalam pakain berbahan katun bisa lebih cepat menyerap keringat.

Gunakan Alas Kaki yang Praktis
Mengenakan alas kaki yang praktis sangatlah dibutuhkan saat musim panas, apalagi jika Anda sedang liburan. Apalagi jika dipadukan dengan kemeja longgar berbahan jatuh dan celana pendek, atau celana loose panjang yang dilipat hingga di atas mata kaki. Anda akan terlihat lebih modern.

Perhatikan Warna
Ketika diharuskan memakai setelan, pilihlah jas dengan warna yang cerah dengan bahan yang ringan dan menyerap keringat. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman dan tidak basah kuyup karena keringat di hari yang panas.

Warna yang cerah dapat memantulkan panas. Kemudian, jika Anda menggunakan outfit dengan warna yang gelap, jangan kaget jika mudah berkeringat saat beraktivitas di luar rumah. Oleh sebab itu, memilih warna outfit yang bisa memantulkan cahaya seperti warna putih, abu-abu, krem, atau juga warna kalem lainnya adalah pilihan yang baik.

Pakai Pakaian Ketat tidak Dianjurkan
Pakaian ketat akan menyebabkan tubuh Anda menjadi mudah berkeringat. Tidak peduli bahannya katun atau linen, apabila kasusnya membatasi pergerakanm jelas akan menjadi sesak dan tidak nyaman.

Terlepas niat Anda ingin pamer atau apapun itu, memilih model outfit ketat adalah pilihan yang kurang tepat. Pilihkan yang pas, tidak ketat atau tidak longgar, yang penting nyaman untuk dikenakan. *** (SS)

SHARE