Mau Investasi Emas, Anda Perlu Banyak Persiapan - Male Indonesia
Mau Investasi Emas, Anda Perlu Banyak Persiapan
MALE ID | Works

Sekarang ini pelaku investasi bukan hanya dari kalangan menengah ke atas atau pengusaha padat modal saja. Investasi bisa dilakukan oleh karyawan biasa, bahkan yang pendapatannya terbatas.


Photo: Pixabay

Salah satu investasi yang populer adalah investasi emas. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, perlu banyak persiapan. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mempelajari investasi emas
Sebelum memilih satu jenis investasi, pahami karakteristik, keuntungan, dan kerugiannya terlebih dahulu. Emas adalah produk investasi tradisional. Caranya terbilang mudah. Hanya membeli, menyimpan, dan menjual emas saat harga naik. Selisih harga beli dan harga jual emas menjadi nilai keuntungan.

Di samping itu, Anda juga perlu mengetahui serba-serbi investasi emas lainnya. Misalnya, keuntungan menyimpan emas adalah mempertahankan dana dari ancaman tergerus inflasi. Jika inflasi naik, harga emas justru ikut naik. Emas juga termasuk investasi dengan likuiditas tinggi dibanding properti.

Memahami tujuan keuangan
Keuntungan dari investasi emas tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Jadi, tidak cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek. Kalau Anda membeli emas hari ini dan berencana dicairkan tahun depan, keuntungan bakal kurang signifikan.

Jadi, sebelum investasi emas, ketahui tujuan keuangan sendiri dan membuat perencanaan yang matang. Jangan hanya membeli dan menyimpan emas, lalu berharap bisa menjualnya kapan pun.

Beberapa contoh tujuan keuangan yang bisa dipenuhi dengan investasi emas antara lain membeli ruma beberapa tahun lagi, atau bahkan dana pensiun.

Memantau harga emas
Langkah berikutnya, memantau harga emas dan mempelajari pergerakannya di pasar.

Anda juga bisa mencari tahu tren kenaikan atau penurunan harga, faktor ekonomi yang memengaruhi, dan sebagainya. Pengetahuan ini penting guna menentukan waktu terbaik membeli emas agar Anda mendapat untung.

Jika sulit memahami hal ini, konsultasi dengan perencana keuangan atau teman yang sudah pernah berinvestasi emas.

Menabung
Karyawan yang mendapat gaji pas-pasan tentu sulit menyisihkan uang untuk investasi. Namun, Anda tetap bisa memulai investasi emas dengan menabung sedikit demi sedikit. Ketika Anda konsisten menabung, maka Anda bisa membeli satu gram emas setiap enam bulan.

Yang terpenting, sebelum berinvestasi, gunakan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu. Jika ada dana lebih, baru Anda bisa investasi. Walau bukan kebutuhan utama, investasi emas membantu mengamankan rencana Anda di masa depan. [GP]

SHARE