Diabetes Bisa Diobati Pengobatan Alternatif? - Male Indonesia
Diabetes Bisa Diobati Pengobatan Alternatif?
MALE ID | Sex & Health

Diabetes merupakan keadaan atau kondisi ketika glukosa darah yang juga dikenal sebagai gula darah jumlahnya terlalu tinggi. Kondisi ini dapat memengaruhi siapa pun dan tidak terikat usia. 

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay 

Sementara itu, kasus diabetes sendiri telah meningkat secara drastis sejak tahun-tahun sebelumnya dan sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat. 

Untuk seseorang yang menderita diabetes, jika hanya minum obat, hal ini tidak membantu mengendalikan kadar gula darah. Harus ada usaha atau beberapa perubahan positif dalam gaya hidup mereka untuk hasil yang lebih baik. 

Mengutip laman Times of India, homeopati bisa sangat bermanfaat dalam mengobati diabetes. Istilah homeopati sendiri mungkin kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Padahal pengobatan holistik ini merupakan metode pengobatan kedua terbesar setelah medis konvensional dan sudah diterapkan di beberapa negara Eropa, India, dan Singapura.

Homeopati merupakan pengobatan holistik yang menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan, hewan, dan mineral. Tujuan utama homeopati, ketika merawat penderita diabetes adalah untuk merawat kesehatan keseluruhan seseorang. Ini karena diabetes tidak hanya terbatas pada aliran darah, juga mempengaruhi bagian tubuh dan organ yang berbeda.

Gejala umum seseorang yang menderita masalah diabetes seperti suka lapar, kelelahan, haus berlebih, buang air kecil berlebihan, mulut kering, luka, pandangan yang kabur. 

"Diabetes adalah gangguan metabolisme dan gaya hidup. Sampai dan kecuali intervensi diet dan olahraga termasuk dalam rutinitas sehari-hari seseorang, tidak ada obat yang dapat mengendalikan kondisi ini," jelas Dr. Khera. 

Untuk mengobati diabetes dalam homeopati, obat-obatan konstitusional diberikan setelah menganalisis gejala seluruh tubuh. "Obat-obatan konstitusional diberikan dengan mengingat kesehatan keseluruhan seseorang. Setelah kesehatan keseluruhan menjadi lebih baik, tingkat insulin tetap terkendali," bebernya.

Efektifkah Homeopati Mengobati Diabetes? 
Meskipun homeopati menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati penyakit apapun, tetapi masih sedikit bukti yang tersedia yang membuktikan bahwa itu bermanfaat dalam mengobati diabetes.

Ketika Syzgium jambolanum digunakan pada tikus, itu tidak menunjukkan manfaat apapun. Obat homeopati lain untuk mengobati diabetes belum pernah diuji pada manusia dalam uji klinis. Sebuah penelitian yang dilakukan Dewan Penelitian Kesehatan dan Medis Nasional di Australia pada 2015, tidak menunjukkan bukti kuat untuk membuktikan bahwa homeopati efektif dalam mengobati kondisi kesehatan apapun.

Bahkan, Dr. Khera memperjelas bahwa homeopati dapat menjadi terapi komplementer yang hebat dalam mengobati diabetes dan bekerja dengan baik dalam mengobati efek samping diabetes. "Homeopati adalah terapi komplementer yang hebat. Ini cukup efektif pada efek samping diabetes seperti neuropati, disfungsi ereksi. Ini bukan terapi utama," paparnya.

Berbicara tentang efek samping dari obat-obatan ketika diambil dengan allopathy, dia mengatakan bahwa karena kedua perawatan bekerja untuk penyebab yang berbeda (allopathy untuk mengendalikan diabetes dan homeopati untuk mengontrol efek samping), homeopati tidak memiliki efek samping lantaran dibuat dari bahan alami. Jadi, jika Anda ingin mencoba homeopati, jangan tinggalkan obat yang diresepkan oleh dokter. *** (SS)

SHARE