Solo Traveling Jadi Tren Milenial Indonesia - Male Indonesia
Solo Traveling Jadi Tren Milenial Indonesia
MALE ID | Relax

Bepergian seorang diri alias solo travel menjadi tren di kalangan pelancong milenial Indonesia. Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier/LCC) milik Singapore Airlines Group menggagas survei terhadap pengguna layanannya.

Solo Traveling - male Indonesia
Photo by Carlo aguada from Pexels

Lewat pernyataan resminya, Scoot menyampaikan bahwa lebih dari 50 persen penumpang milenial dari Indonesia bepergian sendiri ke luar negeri selama semester pertama 2019. Perjalanan itu dilakukan dengan tujuan berlibur maupun bekerja.

Scoot merangkum 10 destinasi solo travel paling populer. Selain Singapura, Kota Taipei di Taiwan pun masuk dalam deretan lokasi yang disasar. Salah satu kota teraman di Asia itu terkenal akan kuliner jalanan dan wisata yang ramah kantong.

Deretan kota lain ialah Hong Kong, Bangkok di Thailand, Melbourne di Australia, dan Kaohsiung di Taiwan. Menyusul Kota Sydney di Australia, Hanoi di Vietnam, Berlin di Jerman, dan Kota Jeddah di Arab Saudi.

Untuk kedua kalinya sejak 2017, Kota Guangzhou di Cina masuk dalam daftar. Pusat perdagangan itu terkenal dengan berbagai situs bersejarah Islam, seperti Masjid Huaisheng yang dibangun lebih dari 1.300 tahun silam.

Chief Commercial Officer Scoot Calvin Chan mengatakan, generasi milenial memiliki karakteristik bebas dan berjiwa petualang. Scoot merekam hal itu berdasarkan jejak perjalanan mereka di berbagai destinasi maskapai di Asia dan Eropa.

Tips Solo Traveling Seru
Mungkin bagi yang belum pernah merasakannya, solo traveling adalah hal yang membosankan, untuk itu bagi Anda yang belum mencobanya, ada beberapa cara yang bisa terapkan agar solo traveling menjadi seru.

Susun Rencana Secara Matang
Sebelum melakukan solo travel, kumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai destinasi tujuan. Pelajari dengan baik mulai dari makanan, transportasi umum, dan latar belakang budayanya. 

Soal keuangan, solo travel butuh perencanaan matang. Carilah penginapan yang terjangkau dan nyaman, uang tunai dan pengeluaran lainnya harus direncanakan dengan baik.

Jangan Mudah Percaya dan Curiga
Berlibur sendirian, akan berhadapan dengan banyak hal baru. Termasuk bertemu dengan orang-orang tak dikenal dan meragukan untuk dipercaya. Untuk soal ini, sangat disarankan untuk tidak mudah percaya sekaligus tidak mudah curiga. 

Diskon Spesial Solo Travel
Mengacu pada poin pertama, perencanaan sangat penting sebelum melakukan solo traveling. Mulai dari memesan tiket pesawat, penginapan, hingga pilihan tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Salah satu perencanaan penting lainnya adalah memilih penerbangan. Bagi solo traveler, harga tiket pesawat yang terjangkau menjadi pilihan utama. Ada begitu banyak maskapai penerbangan yang menawarkan penawaran spesial bagi para solo traveler. *** (SS)

SHARE