Efek Penampilan Pribadi Mempengaruhi Diri Anda - Male Indonesia
Efek Penampilan Pribadi Mempengaruhi Diri Anda
Sopan Sopian | Looks

Dalam kehidupan sehari-hari, apalagi hidup di kota besar, penampilan dijunjung tinggi. Bukan hanya sebagai penutup tubuh, melainkan sebagai alat penghormatan terhadap orang lain.

Gambar oleh Akshay93 dari Pixabay 

Tentu tidak mungkin berpenampilan sembarangan ketika Anda membuat janji dengan seseorang. Anda akan mempersiapkan kesempurnaan terhadap penampilan Anda. Alasannya agar orang yang akan Anda temui terkesan terhadap Anda.

Namun, tahukah Anda, bahwa berpenampilan tidak hanya dapat memengaruhi orang lain terhadap Anda. Tetapi juga bisa memengaruhi diri Anda sendiri. Art of Man Liness memberikan tiga alasan mengapa penampilan dapat memengaruhi diri sendiri.

Efek Transformasi
Salah satu kekuatan pakaian adalah dapat mengubah kondisi pikiran seseorang. Ketika Anda berpakaian seperti pengusaha profesional, Anda akan cenderung bertindak seperti pengusaha profesional. 

Sebuah penelitian menyebutkan, responden melaporkan bahwa mereka berkinerja lebih baik ketika mereka berpakaian seperti pengusaha. Efek transformatisi ini sangat kuat dan efektif secara instan. Kendati seperti memiliki manfaat luar biasa, tidak banyak orang yang menggunakan efek transformasi ini.

Berpakaian Profesional Meningkatkan Disiplin Diri
Militer terbaik di dunia telah mengetahui bahwa tentara berpakaian tajam lebih disiplin daripada milisi kain perca. Inspeksi pakaian militer telah berlangsung bukan karena sepatu bot mengkilap kemudian memenangkan perang, tetapi karena latihan itu mengajarkan kekuatan militer untuk memperhatikan detail. Dan secara detail pertempuran dimenangkan.

Dengan cara yang sama, seseorang yang berpakaian profesional mempelajari nilai disiplin diri. Mereka belajar bahwa perencanaan dan alokasi waktu yang cukup adalah yang terpenting untuk hasil yang konsisten. Mereka mempersiapkan hari itu dengan memikirkannya, mengantisipasi kebutuhan mereka, dan mengambil langkah-langkah yang tepat. 

Kemudian seorang yang cerdas dalam menata pakaian secara disiplin dapat mengatur pakaiannya untuk memenuhi kebutuhannya dari jam 8 pagi sampai tengah malam, dari kantor ke presentasi hingga minuman setelah bekerja.

Penghargaan dan Rasa Hormat
Pakaian yang tepat sendiri membutuhkan waktu. Kemeja perlu disetrika, sepatu perlu dikeringkan, dan jaket perlu penyikatan khusus. Mungkin pelajaran terbesar yang diajarkan adalah menghormati upaya yang dilakukan oleh sesama manusia. 

Ketika Anda bertemu seorang pria dengan pakain rapi, Anda memberinya penghormatan ekstra. Di sana Anda melihat kesempurnaan dari dasinya dan menghargainya karena Anda tahu, Anda butuh 15 menit dan 5 upaya untuk menyempurnakan pakaian rapi. Rasa saling menghormati antara pria dikumpulkan ketika saling menyadari upaya yang telah dilakukan masing-masing. *** (SS)

SHARE