Komunitas CBR Indonesia tak Hanya Sekadar Kongkow - Male Indonesia
KOMUNITAS
Komunitas CBR Indonesia tak Hanya Sekadar Kongkow
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Pengguna motor sport di Indonesia, tiap tahun semakin meningkat. Hal itu bisa terlihat dari banyaknya pabrikan otomotif yang memproduksi motor bergenre sport dengan keunggulan teknologi yang ditawarkan. 

Photo: doc. @kcijakartaselatan

Salah satu motor sport yang digandrungi pria, adalah Honda CBR. Para pecinta motor ini tergabung dalam Komunitas CBR Indonesia (KCI). Komunitas ini berdiri pada 22 Juni 2015 yang kemudian berkembang ke Sidoarjo, Jawa Timur, dan menyebar ke suluruh Indonesia.

KCI berkembang di Jakarta setahun kemudian yang pelopori oleh Tri Prasetyo A yang kini menjabat sebagai Ketua Umum KCI periode 2019-2021. Terpilihnya Tri Prasetyo A sebagai ketua, otomatis membuat basecamp pusat KCI yang awalnya di Surabaya pindah ke Jakarta.

"Selain mengikuti wilayah tinggal ketua umum, pindahnya pusat KCI dari Surabaya ke Jakarta agar mempermudah akses untuk networking, sponsor, dan lain sebagainya," ucap Tri Prasetyo.

Lebih lanjut, KCI kini telah memiliki ribuan anggota yang terbagi ke dalam lima wilayah (provinsi) dan 55 Chapter (kota/kabupaten) seluruh Indonesia. "Jadi, total ada 60 Chapter dan wilayah se-Indonesia selama 4 tahun KCI berjalan," jelasnya.

Photo: Sopian/Male Indonesia

Kemudian, khususnya KCI Jakarta sendiri, kata Tri Prasetyo, semenjak berdiri sejak 2016 lalu, sudah memiliki 285 member yang terbaki dalam lima Chapter: Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Untuk agenda kegiatannya sendiri, KCI Jakarta memiliki agenda rutin tiap bulannya, yakni kopi darat (kopdar). Banyak hal yang dibicarakan saat kopdar, baik soal motor, touring, sampai renana-rencana event yang akan dilakukan selama satu tahun.

Terkait tempat kumpulnya sendiri, Tri mengungkapkan tidak terpaku dalam satu tempat, bisa berpindah-pindah. Semua koordinasi berada di grup WhatsApp. 

"Tapi bascamp kita ada di Kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Karena awalnya yang mempelorori KCI Jakarta ini teman-teman Jakarta Timur," kata pria yang menjabat sebagai Vice President di salah satu bank swasta di Jakarta itu. 

Photo: doc. @kcijakartaselatan

Selain itu, Kopdar bulanan ini bukan hanya untuk temu member seluruh Chapter di Jakarta, tetapi juga sebagai ajang perekrutan resmi bagi mereka yang ingin menjadi member KCI. 

Untuk menjadi anggota/member KCI Jakarta sangat mudah. Cukup dengan mempunyai motor CBR, SIM, KTP, dan hobby yang sama. “Semua perekrutan via online yang bisa diisi lewat smartphone, dan syarat fisiknya hanya datang satu kali ke acara Kopdar bulanaan,” tutur Tri.

KCI Chapter Jakarta Selatan
Tri Prasetyo A juga memgatakan, pembagian Chapter juga memiliki alasan tersendiri. Karena masing-masing Chapter memiliki agenda mingguan, jadi bisa mempermudah member untuk kumpul bareng. 

"Misalnya ada member yang tinggal di Pondok Indah, jadi bisa lebih dekat dengan member lain di Chapter Jakarta Selatan," ucapnya.

Photo: Sopian/Male Indonesia

Angga Prayuda, Ketua Chapter Jakarta Selatan mengatakan, berdirinya KCI Chapter Jakarta Selatan pada 2 Januari 2018. Selama setahun berjalan sudah memiliki 40 member. Membernya sendiri mulai dari Ojek Online sampai selevel direktur.

KCI Chapter Jakarta Selatan, memiliki agenda mingguan (kopnas) setiap Sabtu malam di sudut Taman Barito, Blok M, Jakarta Selatan. Mulai kumpul pukul 20.00 WIB s.d selesai.

"Kegiatan KCI Chapter Jaksel bukan cuma kopsan ngumpul-ngumpul di Barito, tapi ada acara touring, sowan ke komunitas yang ada di area Blok M atau Jakarta Selatan, sampai penggalangan dana untuk panti asuhan," kata Angga.

Untuk touring sendiri, kata Angga, tidak hanya sekadar touring, tetapi juga bakti sosial hingga menjelajahi destinasi-destinasi wisata untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada. 

Photo: doc. @kci_jakarta

Selain itu, Angga tidak menutup bagi mereka yang ingin datang dan main ke KCI Chapter Jakarta Selatan. Tetapi tetap, untuk perekrutan akan dilakukan di acara Kopdar bulanan KCI Jakarta. "Silahkan saja untuk yang ingin saling kenal dulu dengan KCI Chapter Jakarta Selatan, datang saja ke kawasan Taman Barito, Blok M," tuturnya.

Tri Prasetyo A menegaskan, KCI bukan sekadar komunitas, tetapi juga dibuat sekekeluargaan mungkin. Selain itu, juga sebagai wadah untuk belajar berorganisasi. " Seperti bagaimana mengelola anggota, membuat event, sampai mengelola keuangan," tandasnya. *** (SS)

SHARE