Pantai Mandorak, Surga Eksotis di Pulau Sumba - Male Indonesia
Pantai Mandorak, Surga Eksotis di Pulau Sumba
MALE ID | Relax

Terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Pantai Mandorak adalah sebuah pantai cantik dengan pasir putih halus yang menawan. Saking bagusnya, pasir putih yang tersebar terlihat sangat berkilau kala diterpa sinar matahari.


Photo: Zahrasrtn/Wikipedia

Hamparan pasir putih tersebut pun berpadu mesra dengan air laut jernih khas Samudera Hindia. Dengan warna biru tosca, dan Anda bahkan bisa melihat langsung dasar laut dan kehidupan di dalamnya dari permukaan pantai.

Kawasan Pantai Mandorak cukup jauh dari masyarakat sekitar. Jika ingin mengunjungi saat musim kemarau, akan dikelilingi area perkebunan dan padang ilalang. Meskipun lokasinya cukup “tersembunyi”, Pantai Mandorak selalu menjadi destinasi favorit para traveller yang berkunjung ke Pulau Sumba, khususnya wilayah Sumba Barat Daya.

Selain itu, Anda akan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Gelombang pantai yang sangat kuat merupakan salah satu ciri pantai di pesisir selatan Sumba. Namun relatif aman, sehingga pantai ini juga terkenal bagi banyak peselancar internasional. Mereka memilih datang ke Pantai Mandorak karena ketenangannya terutama bila dibandingkan dengan pantai di Bali dan Lombok. 

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba, Pantai Mandorak hanya memiliki memiliki lebar sebesar 50 meter. Namun itulah yang menjadi pesona dan ciri khas pantai berpasir putih berkilau ini.

Pantai Mandorak memiliki keesotisannya sendiri. Seluruh pesisir pantai dikelilingi batu karang yang tajam. Di sela-sela batu karang tersebut terdapat sebuah celah dengan pasir putihnya. 

Tak jauh dari batu karang tersebut terdapat sebuah rumah panggung dengan arsitektur khas rumah-rumah Sumba pada umumnya. Rumah tersebut dikelilingi belasan pohon cemara yang selalu mengeluarkan suara jika tertiup angin laut.

Pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan. Selain menjorok ke lautan lepas, pantai ini juga menjadi tempat yang tepat untuk menyepi.

Untuk mencapai Pantai Mandorak, dibutuhkan sekitar 1,5 jam berkendara dari Bandara Tambolaka. Anda bisa memarkir kendaraan dekat pantai lalu trekking sejauh 500 meter. Meski berjalan jauh untuk bisa mengakses pantai, namun setelah sampai, Anda tidak akan menyesal menghabiskan petualangan menuju pantai. Anda akan kagum melihat Pantai Mandorak. *** (SS)

SHARE