Sering Keramas Bikin Rambut Cepat Panjang? - Male Indonesia
Sering Keramas Bikin Rambut Cepat Panjang?
MALE ID | Looks

Bagi beberapa pria, punya rambut panjang adalah impian terpendam. Namun terkadang, setelah mencoba berbagai cara, niat Anda harus kandas di tengah jalan karena terlalu lama menunggu pertumbuhan rambut.


Photo by Robson Hatsukami Morgan on Unsplash

Sebagian percaya, kalau keramas setiap hari adalah cara paling ampuh agar rambut cepat panjang. Benarkah demikian?

Seperti dilansir dari Hello Sehat, rambut seseorang rata-rata akan tumbuh sekitar 15 cm per tahun atau setidaknya 0,44 mm per harinya. Namun, masing-masing orang memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda.

Hingga saat ini, memang belum terbukti jika sering keramas bisa bikin rambut cepat panjang. Justru dalam beberapa penelitian disebutkan, terlalu sering keramas akan menyebabkan kulit kepala rapuh sehingga rambut tidak tumbuh sempurna.

Hal tersebut juga dapat memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut Anda. Memiliki rambut yang rapuh akan berdampak pada kesehatan rambut secara keseluruhan.

Di luar beredar banyak produk yang diklaim mampu membuat rambut cepat panjang. Sebenarnya, produk itu hanya membantu merangsang pertumbuhan rambut dan tidak ada jaminan pasti panjang dalam waktu yang sangat cepat.

Sederhanaya, tak ada yang bisa Anda lakukan untuk bikin rambut Anda tumbuh secara cepat. Pertumbuhan rambut tergantung pada gen, sel, serta hormon tubuh masing-masing.

Dibandingkan wanita, rambut pria butuh waktu yang lebih lama untuk bisa tumbuh panjang. Ini akibat perbedaan hormon dan fungsi tubuh masing-masing.

Anda dapat melakukan beberapa hal agar merangsang dan membantu rambut Anda tumbuh panjang. Namun bukan dengan kebiasaan keramas setiap hari, berikut caranya:

1. Mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit kepala dan rambut. Semua makanan sehat baik bagi tubuh Anda, termasuk rambut. Jika ingin rambut yang bagus dan kuat, Anda bisa mengandalkan makanan yang mengandung protein, zinc, serta zat besi, seperti daging sapi, telur, daging ayam, dan seafood.

2. Berikan nutrisi yang lebih pada rambut. Bukan berarti Anda harus keramas setiap hari. Memberikan nutrisi pada rambut bisa dilakukan dengan menggunakan kondisioner secara berkala.

3. Batasi penggunaan pengering rambut. Jika Anda setiap hari memakai hairdryer, maka hal itu akan memengaruhi kualitas rambut Anda. Rambut menjadi mudah rapuh dan rontok.

4. Terapkan pola hidup sehat. Meskipun dampaknya sangat umum bagi kesehatan, ini tentu ikut memengaruhi kesehatan rambut Anda. [GP]

SHARE