5 Mobil Kencang dengan Bobot Ringan dari Porsche - Male Indonesia
5 Mobil Kencang dengan Bobot Ringan dari Porsche
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Setiap pabrikan memiliki produk andalan masing-masing, jika berbicara tentang mobil kencang. Pabrikan sportscar asal Jerman yaitu Porsche, merupakan salah satu pabrikan yang cukup rajin membuat mobil berperforma tinggi dengan bobot ringan.

Apabila sebuah mobil diberikan bobot yang ringan, maka dapat dipastikan ia akan berlari kencang. Bahkan melebihi mobil lain dengan seri mesin yang sama.

Sejak didirikan pada 25 April 1931 di Stuttgart, Jerman, perusahaan ini telah melahirkan sedikitnya lima mobil kencang namun memiliki bobot yang ringan. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Carscoops.

Porsche 911 Carrera RS 2.7


Photo: The Car Spy/flickr

Porsche 911 Carrera RS 2.7 menapakkan kakinya di sejarah dunia sportscar. Terutama versi sport yang memiliki bobot lebih ringan 100 kg dibanding varian touring. Beberapa hal yang ditanggalkan adalah jam, bangku belakang, handle pintu, dan bagian lainnya. Total bobot keringnya sekitar 975 kg.

Porsche 906 Carrera 6


Photo: wikimedia commons

Porsche 906 Carrera 6 merupakan mobil balap terakhir yang legal untuk digunakan di jalan raya. Model ini menjadi jawaban atas tantangan Ferrari dengan Dino 206. Bodi yang terbuat dari fiberglass di atas space frame menghasilkan bobot kering 675 kg pada 906 Carrera 6.

Porsche 356 SL


Photo: nigelpepper/flickr

Porsche 356 SL (Sport Leicht) adalah model pertama yang memenangkan Le Mans. Mobil ini dirakit tangan dengan bahan aluminium. Bobot keringnya hanya 640 kg.

Porsche 718 Formula 2


Photo: wikimedia commons

Porsche 718 Formula 2 bukanlah model jalanan, melainkan hanya untuk balapan di sirkuit. Mobil ini merupakan mobil balap kursi tunggal yang ditenagai mesin berkapasitas 1,5 liter dan memiliki tenaga 150 HP. Bobot totalnya hanya 456 kg.

Porsche 909 Bergspyder


Photo: wikimedia commons

Dan mobil teringan yang pernah diciptakan oleh Porsche adalah 909 Bergspyder. Model ini diciptakan khusus untuk ajang hillclimbing. 909 Bergspyder mengadopsi mesin berkapasitas 2,0 liter yang menghasilkan tenaga 275 HP.

Dengan bahan plastik pada bodi dan sasis aluminium, bobot keringnya hanya 384 kg. Bahkan, akselerasi 0-96 km/jam hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik. Untuk mobil lansiran tahun 1968, angka ini sangat menakjubkan. [GP]

SHARE