Cara Mendapatkan Keyakinan dalam Berkencan - Male Indonesia
Cara Mendapatkan Keyakinan dalam Berkencan
MALE ID | Relationships

Berbicara tentang kencan, meski hal ini menyenangkan bukan berarti tidak ada masalah. Bagi sebagian orang, terkadang merasa tidak yakin dengan kencan mereka. Sehingga tidak sedikit atas ketidakyakinan itu, mereka kembali melajang.


Photo: StockSnap dari Pixabay 

Kemudian, masalah lain bagi silajang muncul dengen beberapa pertanyaan seperti "Apakah saya cukup menarik?",
"Apakah orang akan menyukai saya?", atau "Apakah saya punya cukup modal untuk menawarkan hati saya?"

Pertanyaan itu adalah pertanyaan umum untuk sebagian pria yang tidak yakin dalam kencannya. Khususnya bagi mereka yang masih single. Menurut John D. Moore, serorang konsultan kencan menurutkan bahwa, sebelum Anda bisa percaya diri dalam berkencan, Anda harus percaya diri pada diri sendiri.

"Itu mungkin terdengar klise tetapi terkadang klise cocok untuk saat ini," kata dia dalam laman Guyconseling. Lalu bagaimana cara keluar dari zona ini dan mendapatkan keyakinan Anda dengan rasa percaya diri?

Mengutip laman mychicagotherapist, Dr. Tyler Fortman, seorang psikolog di Chicago mengungkapkan setidaknya lima cara mendapatkan keyakinan diri. 

1. Jadilah Penyemangat untuk Diri Sendiri
Mereka yang menghadapi ketidakyakinan bahwakan kepercayaan diri yang lebih rendah dalam kencan adalah kritik terburuk mereka. Mereka mendapati diri mereka bertanya apa yang dilakukan salah, apakah kurang baik, dan bahkan sampai menilai setiap tindakan serta kata-kata yang sempat terlontar ke lawan jenis mereka.

Seperti diketahui, berkencan adalah permainan, dan refleksi itu berguna, tetapi mengkritik diri sendiri secara terus-menerus pasti akan memberikan hasil negatif. Jadi dari pada mengkritik diri sendiri, lebih baik berpikir positif dan menjadi penyemangat untuk diri Anda sendiri.

2. Lakukan Aktivitas Baru
Perenungan hanyalah mengulangi pikiran negatif berulang-ulang dan itu merupakan dasar dari penurunan kepercayaan diri yang dapat terjadi ketika berkencan. Merenungkan mengaburkan pikiran Anda akan kenyataan.

Daripada merenung, lebih baik Anda berpikir atau melakukan aktivitas lain seperti membaca buku baru, liburan, dan lain sebagainya. Mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif terhadap ketidakyakinan Anda terhadap sebuah kecan, dapat membuat Anda lebih positif.

3. Ubah Pola Pikir Anda
Otak Anda memiliki kapasitas besar untuk berubah dan tumbuh. Carol Dweck menyebutnya "mindset bisa berkembang." Ketika Anda mengakui kapasitas untuk berubah, Anda menjadi penyemangat harapan Anda sendiri.

4. Fokus Proses
Ketika Anda ingin berkencan dengan seorang wanita. Jangan terlalu fokus untuk mendapatkannya. Lebih mengalir saja, nikmati prosesnya. Jika Anda hanya tertuju pada hasil akhir dan berpikir tentang "penerimaan" dan "Penolakan", berarti Anda telah menanam bencana sendiri.

5. Jangan Hanya Berkencan 
Cara yang sangat penting dan kuat untuk melindungi harga diri Anda ketika berkencan tidak ada hubungannya dengan kencan. Ini tentang cara Anda terlibat dalam kehidupan kencan Anda. 

Ketika Anda berkomitmen untuk berkencan, Anda hanya akan bertumpu pada persoalan cinta. Jadi, lebih baik lebarkan minat Anda terhadap seseorang yang Anda temui. Siapa tahu si dia bisa jadi teman bisnis, olahraga, atau hobi Anda. Sehingga waktu dan tenaga tidak terbuang sia-sia ketika Anda akhirnya mendapat penolakan. *** (SS)

SHARE