Manfaat Luar Biasa, Terpapar Sinar Matahari Pagi - Male Indonesia
Manfaat Luar Biasa, Terpapar Sinar Matahari Pagi
MALE ID | Sex & Health

Banyak orang sangat menghindari paparan sinar matahari. Ada beragam alasan di balik tindakan itu. Mulai dari ketakutan bahwa kulit akan menghitam, atau terbakar dan meningkatkan risiko menderita penyakit kanker kulit. Agak sulit untuk melakukannya, sebab kita hidup di negara beriklim tropis.


Photo by Simon Migaj from Pexels

Walau demikian, Anda tidak perlu menghindarinya sama sekali. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa berjemur di bawah sinar matahari dalam kurun waktu tertentu akan memperoleh manfaat bagi tubuh. Cara paling aman adalah dengan membatasi sinar matahari langsung sekitar 20 menit.

Jika Anda berjemur secukupnya, kandungan vitamin D alami yang terkandung dalam paparan sinar matahari membuat Anda tidak usah mengonsumsi suplemen tambahan. Di samping itu, ada beberapa manfaat memperoleh paparan sinar matahari secukupnya, seperti dilansir dari Health Fitness Revolution.

Membantu mengurangi depresi
Paparan sinar matahari dapat mengurangi perasaan sedih seseorang. Sinar matahari merangsang hormon endorfin yang menimbulkan perasaan baik.

Membantu penyerapan vitamin D
Bagi beberapa orang, sinar matahari bisa membantu meredam risiko penyakit osteoporosis. Dengan cara ini, kalsium diserap ke dalam usus dan membantu menguatkan tulang.

Proteksi terhadap penyakit kanker
Paparan matahari secara teratur dan terkontrol memiliki efek pencegahan terhadap kanker usus besar dan kanker payudara. Serta penyakit lain seperti kanker darah dan limfoma. Vitamin D yang dipancarkan matahari bisa menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Sinar matahari meningkatkan fungsi tiroid, yang secara langsung terhubung dengan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi Anda berjemur di bawah sinar matahari secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meredakan rasa nyeri
Menariknya, sinar matahari dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan pada persendian dan juga radang sendi.

Baik untuk ginjal
Berada di bawah sinar matahari akan membantu memudahkan tubuh mengeluarkan keringat. Keringat inilah yang bertugas menghilangkan racun dari tubuh melalui kulit, di mana sekaligus bisa membantu memperbaiki fungsi ginjal dan hati. [GP]

SHARE