Pilih Mana, Liburan ke Madrid atau Barcelona? - Male Indonesia
Pilih Mana, Liburan ke Madrid atau Barcelona?
Gading Perkasa | Relax

Kota Madrid dan Barcelona merupakan destinasi favorit yang senantiasa dikunjungi oleh wisatawan ketika berada di Spanyol. Sepintas, kedua kota ini memiliki kesamaan. Namun masing-masing kota memiliki keistimewaan yang membedakan antara satu dan lainnya.


Photo: wikimedia commons

Kalau Anda bingung ingin mengunjungi Madrid atau Barcelona terlebih dahulu, simak sejumlah perbedaan dari kedua kota tersebut, mengutip CNN.

Ramah Dompet
Barcelona memiliki harga wisata relatif tinggi dibanding Madrid. Sebab, Barcelona lebih dulu menjadi kota turis. Untuk backpacker, Madrid adalah pilihan yang lebih baik. Apalagi kota ini punya banyak museum yang bisa dikunjungi tanpa dipungut biaya, seperti Museo del Prado, Centro de Arte Reina Sofía, atau Panteon de Goya.

Kemudahan Akses
Sebagai ibu kota negara, Madrid otomatis memiliki akses lebih mudah untuk menuju kota lain. Toledo (kota kuno) dan Segovia, kota yang menyimpan sejarah Spanyol dapat dijangkau dengan mudah dari Madrid.

Arsitektur

Di poin ini, Barcelona lebih unggul. Sebab kota tersebut adalah rumah dari berbagai karya arsitektur Antoni Gaudi yang memanjakan mata. Antara lain La Sagrada Familia, Casa Mila, dan Casa Battlo.

Seni
Negeri Matador melahirkan seniman ternama seperti Pablo Picasso dan Salvador Dali. Tak sedikit museum dapat ditemukan di negara ini, misalnya Museum Prado, Museum Pablo Picasso, dan Museum Reina Sofia.

Kuliner
Makanan khas Catalan merupakan jenis tradisional. Tapi untuk urusan makanan, sepertinya Madrid menjadi pemenang. Harga terjangkau dan rasa enak tersedia bagi turis yang datang ke kota ini. Di Barcelona, harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi.

Cuaca
Pastinya Anda tidak mau merasakan suhu yang terlalu ekstrem. Jika ingin merasakan cuaca lebih sejuk, Barcelona pemenangnya. Namun kalau Anda lebih menyukai cuaca lebih hangat, Madrid sangat cocok.

Hanya saja, perubahan cuaca di Madrid cenderung lebih ekstrem dibanding Barcelona. Di musim panas, suhu di kota Madrid dapat mencapai 31 derajat Celsius, sedangkan Barcelona hanya 28 derajat Celsius.

Festival
Kedua kota ini memiliki kegiatan berbeda untuk ditawarkan. Jika ingin mencari festival musik, maka Barcelona tempatnya. Primavera Sound dan Sonar Music Festival diadakan di sini setiap tahunnya.

Primavera Sound adalah festival yang diadakan setiap Mei sampai Juni. Sedangkan Sonar Music Festival menggabungkan seni, desain, elektronik, dan musik. Keduanya memiliki puluhan ribu penonton hadir setiap tahun.

Kehidupan malam
Layaknya negara Eropa kebanyakan, alkohol tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Spanyol.

Jika Barcelona memiliki beberapa klub malam terbaik, Madrid dihiasi gang-gang kecil dengan berbagai bar dan klub. [GP]

SHARE