Jaket Harrington, Item Wajib Buat Kaum Pekerja - Male Indonesia
Jaket Harrington, Item Wajib Buat Kaum Pekerja
Gading Perkasa | Looks

Buat Anda yang gemar pakai jaket, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jaket Harrington. Bahkan mungkin Anda akan memburu jaket tersebut dan berusaha keras untuk mendapatkannya.


Photo by JEREMYHANN from Pexels

Wajar saja demikian. Sebab, jaket Harrington dapat memberikan kesan cool, maskulin, dan stylish pada pemakainya. Lalu kira-kira, kapan tepatnya jaket Harrington mulai mencuat sebagai penunjang penampilan kaum adam?

Sebagaimana dilansir dari Suedehome, Harrington adalah jaket ringan sepinggang yang terbuat dari bahan polyester dan wol. Biasanya, Harrington menggunakan pola tartan (pola kotak-kotak berurut dari garis vertikal dan horizontal dalam berbagai warna) di bagian dalam jaket.

Gaya jaket ini diberi nama “Harrington” karena berasal dari Rodney Harrington yang diperankan Ryan O’Neal pada 1960-an di acara serial TV, Peyton Place.

Dilihat dari sejarahnya, jaket Harrington pertama kali dibuat oleh perusahaan pakaian di Inggris pada era 1930-an oleh British Grenfell yang berbasis di Burnley dan Stockport, Cheshire. Perusahaan lain yang memproduksi jaket ini yaitu Baracuta.

Bahkan, jaket buatan Baracuta merupakan tipe orisinal jaket Harrington yang menjadi pelopor tipe ini sampai sekarang. Sebagai catatan, pada tahun 2012 lalu, Baracuta masih memproduksi jaket Harrington dengan model yang tetap mempertahankan ciri khasnya.

Populer di Kalangan Tokoh Kenamaan
Beberapa tokoh yang mempopulerkan jaket Harrington dari Baracuta di antaranya Elvis Presley, saat ia bermain di film King Creole (1958) dengan Baracuta G9. Ada pula Steve McQueen mengenakan jaket tersebut di sampul Life Magazine (1963) dan film The Crown Affair Thomas (1968).

Tak ketinggalan Christopher Reeve memakai jaket Harrington di film Superman (1980), serta masih banyak lagi publik figur lainnya.

Karakteristik Umum Jaket Harrington
Jaket ini cukup ringan dengan ukuran yang sebatas pinggang. Bahan yang digunakan sendiri bermacam-macam. Mulai dari kain katun, parasut, polyester, dan wol. Ciri khas yang melekat di setiap jaket dan dipertahankan adalah pola tartan di bagian dalam jaket.

Identik dengan Kaum Pekerja
Sebagian besar kaum pekerja di Inggris kerap menjadikan jaket Harrington sebagai core item mereka saat bekerja, berkumpul di bar atau bahkan menonton pertandingan sepak bola. So, kapan Anda mulai memakai jaket ini? [GP] 

SHARE