Motor Buas Pabrikan Benelli yang Layak Dinantikan - Male Indonesia
Motor Buas Pabrikan Benelli yang Layak Dinantikan
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Panggung otomotif EICMA 2019 sudah disiapkan oleh pabrikan Benelli guna menyambut kehadiran motor terbaru mereka. Motor ini bahkan digadang menjadi ‘singa terbuas’ yang lepas dari kandang, lantaran mengusung mesin paling besar di antara motor Benelli lainnya. Pabrikan menamainya Leoncino 800.


Photo: Benelli

Sejatinya, Benelli sudah memiliki dua varian Leoncino. Mulai dari Leoncino 500, dan yang terbaru Leoncino 250. Keduanya juga disebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Tapi, pilihan itu tampaknya belum cukup. Apalagi jika ingin bersaing dengan Ducati Scrambler 800, KTM Duke 690 Yamaha MT-7, atau Honda CB 650 R.

Mengutip Oto, pada ajang serupa tahun 2018 lalu, Benelli telah mengenalkan Leoncino 800. Hanya saja, kala itu mereka baru menempatkannya sebagai sebuah konsep saja. Pada November 2019 nanti, pabrikan asal Pesaro, Italia tersebut bakal meresmikan kehadirannya.

Secara tampilan, tidak ada perbedaan dari Leoncino 250 dan 500. Sistem penerangannya menggunakan lampu jenis LED. Stang model telanjang, panel meter digital hingga suspensi depan upside down (USD). Sudah pasti, dimensinya lebih besar ketimbang kedua pendahulunya.

Apalagi menilik kubikasi mesin. Namun, meski mengusung angka 800, motor ini cuma berbekal mesin 750 cc. Jantung pacu DOHC dua silinder diklaim sanggup menghasilkan torsi maksimal 67 Nm di angka 6.500 Rpm.

Sedangkan puncak tenaganya 82 HP pada putaran mesin 9.000 Rpm. Belum diketahui seberapa kencang larinya, namun perangkat rem ABS cukup untuk menghentikan laju Leoncino 800.

Bekal itu jelas membuat Leoncino 800 unggul dari Yamaha MT-07. Kendati demikian, mesin dua silinder buatan Yamaha sedikit unggul. Terutama pada torsi puncak yang mencapai 68 Nm di putaran mesin serupa.

Tapi tidak dibandingkan KTM Duke 690. Walau kubikasinya lebih kecil, naked bike asal Austria itu punya torsi lebih besar, 74 Nm berkat desain mesin satu silinder. Sedangkan pesaing selanjutnya, Honda CB 650 R punya torsi 64 Nm di putaran 8.500 Rpm, dengan semburan tenaga 95 HP pada 12.000 Rpm.

Leoncino 800 bergaya scrambler pasti menarik banyak orang, khususnya konsumen di pasar Asia. Mengingat motor Benelli juga diproduksi di Cina, tepatnya oleh Qianjiang Motorcycles.

Dari segi harga akan lebih ‘bersabahat’ ketimbang para kompetitornya. Cuma Anda harus sedikit bersabar, sebab Leoncino 800 baru dijual tahun 2020. [GP]

SHARE