Tips Hasilkan Pekerjaan Memuaskan di Bawah Tekanan - Male Indonesia
Tips Hasilkan Pekerjaan Memuaskan di Bawah Tekanan
Gading Perkasa | Works

Bekerja di bawah tekanan tentu sangat tidak enak bagi siapa pun. Namun sayangnya, kita tidak bisa berharap agar lingkungan kerja jauh dari tekanan. Ya, sungguh mustahil, karena tekanan saat bekerja merupakan sesuatu yang lumrah terjadi.

kerja keras - male indonesia
Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Namun pada dasarnya, Anda tetap bisa memperoleh hasil baik kendati bekerja di bawah tekanan yang sangat berat. Mau tahu bagaimana caranya?

Berikut merupakan lima tips untuk menghadapi tekanan yang berat saat bekerja, seperti dikutip dari Thrive Global.

Tetap fokus
Pertama, usahakan fokus. Walau terasa berat, inilah hal yang wajib Anda lakukan jika berada dalam situasi terberat saat bekerja. Apabila Anda dibebankan tugas besar pada waktu yang tidak lama, maka pecahkan tugas tersebut supaya bisa lebih mudah untuk dikerjakan dengan tenggat waktu yang sesuai.

Namun perlu diingat, jika Anda sudah mengerjakan sebagian kecil tugas itu, maka yang harus diperbuat selanjutnya adalah tetap fokus. Sehingga Anda berhasil menyelesaikan semua tugas yang dibebankan dari atasan.

Selalu menyiapkan rencana cadangan
Jangan punya anggapan kalau rencana tugas yang Anda miliki akan selalu diterima oleh atasan. Maka dari itu, siapkan rencana cadangan. Tujuannya, ketika rencana pertama ditolak, Anda tidak panik sampai harus mengambil langkah cepat yang justru dapat merugikan performa kerja Anda.

Komunikasi dan delegasi
Kalau Anda bekerja dalam kelompok, mungkin Anda akan punya begitu banyak tanggung jawab di kelompok tersebut. Akan tetapi, Anda tidak sendiri menghadapinya.

Karena itu, ajaklah semua anggota kelompok untuk berdiskusi serta membagikan tugas yang sekiranya adil dan merata, tidak berat sebelah.

Tahu batasan
Tekanan yang begitu lama Anda rasakan akan mengakibatkan kesehatan mental terganggu. Jika memang Anda sudah tidak kuat dengan tekanan yang ada di kantor, ambil cuti beberapa hari dan nikmati libur tanpa kerjaan.

Tekanan sangat normal, bukan momok
Berada pada situasi tertekan memang tidak baik, namun ini juga bukan momok atau sesuatu yang sangat buruk. Jadi jangan cemas, tetap berpikir positif. Karena dengan tekanan ini, kemungkinan besar kinerja Anda akan menjadi lebih baik di kemudian hari. [GP]

SHARE