Misteri Piramida yang Bisa Dinikmati oleh Turis - Male Indonesia
Misteri Piramida yang Bisa Dinikmati oleh Turis
Sopan Sopian | Relax

Otoritas Mesir membuka dua piramida tertua dan memamerkan koleksi-koleksi dari sarkofagus yang baru ditemukan untuk wisatawan pada Sabtu (13/7/2019) untuk pertama kalinya sejak 1965. Dua piramida kuno itu yakni Piramida Bengkok dan satu piramida satelitnya di wilayah Dahshur.


Photo: Flickr upload bot/Wikipedia

Dua piramida yang terletak di Selatan Ibukota Kairo, Mesir itu juga merupakan bagian dari Memphis Necropolis, adalah salah satu Situs Warisan Budaya Dunia versi UNESCO. Menteri Purbakala Mesir, Khaled el-Anany mengatakan Piramida Bengkok (Bent Pyramid) dibangun di era Firaun Sneferu sekitar 2.600 Sebelum Masehi. 

Piramida Bengkok merepresentasikan bentuk transisi konstruksi piramida antara tipe Djoser Step Pyramid (2667-2648 SM) dan Meidum Pyramid (juga sekitar 2600 SM). Bentuk Piramida Bengkok berbeda dari piramida pada umumnya. 

Piramida ini dibangun dengan sudut 54 derajat hingga ke ketinggian 49 meter, dan sisanya mengerucut hingga ke bagian teratas. Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Agung Kementerian Benda Antik Mesir, mengatakan tim arsitek di era Mesir kuno sempat mengganti sudut di Piramida Bengkok saat sejumlah retakan terlihat di struktur tersebut.

 
"Sneferu hidup untuk waktu yang lama. Para arsitek saat itu ingin menyelesaikan bentuk yang sempurna, yakni bentuk piramida," tutur Mohamed Shiha, Direktur Situs Arkeolog Dahshur, dilansir dari laman The Japan Times.
 
"Kami tidak yakin di mana dia dimakamkan, mungkin di piramida ini? Belum ada yang tahu," lanjutnya.
 
Otoritas Mesir berusaha mendorong pariwisata di Dahshur. Situs arkelogi ini terletak di gurun pasir terbuka, dan belum terlalu banyak menarik perhatian turis seperti di wilayah Giza.

Cara Asik Liburan ke Mesir
Sebenarnya ada banyak keuntungan kalau tidak gentar datang ke Mesir. Tiket pesawat dan tarif hotel masih murah, ditambah lagi dengan lengangnya antrian di objek wisata. 

Hal yang pertama yang harus Anda ketahui dan perhatikan adalah masalah musim di Mesir. Di Mesir sendiri memiliki tiga musim yang berlaku yakni Musim dingin, musim semi, dan musim panas. 

Untuk musim panas biasanya terjadi pada puncak bulan Juni sampai Sepember, dengan suhu udara mencapai 45 derajat celcius an bisa mencapai 50 derajat celcius di daerah gurun. 

AC pun akan terus menyala setiap waktunya karena suhu udara tidak pernah mencapai di bawah 30 derajat celcius. Untuk musim dingin biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai dengan bulan Februari, dengan suhu udara sekitar 7 derajat celcius sampai dengan 18 derajat celcius sedangkan untuk musim semi terjadi pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei. 

Musim ini merupakan musim yang sangat cocok untuk travelling atau melakukan perjalanan wisata karena musim ini memiliki suhu yang standart seperti di Indonesia yakni sekitar 20 derajat celcius sampai dengan 30 derajat celcius.

Makanan di Mesir didominasi dengan roti-rotian. Biasanya orang Indonesia banyak menemukan makanan khas Indonesia di Kairo yang terletak di kawasan distrik 10 Hay Asyir.

Untuk soal transportasi, banyak jenis transportasi yang beredar di Mesir, terutama di Kairo. Beberapa jenis transportasi yang ada dalah bus, renr car, metro, dan taksi. Anda juga harus mengetahui tentang perbedaan waktu antara di Mesir dan di Indonesia. Perbedaan waktunya sekitar 5 jam. *** (SS)

SHARE