Tak Hanya Seram, Ada Hal Unik dari Hutan Amazon - Male Indonesia
Tak Hanya Seram, Ada Hal Unik dari Hutan Amazon
Sopan Sopian | Relax

Hutan Amazon merupakan salah satu keajaiban alam versi New7Wonders. Alasannya, hutan yang mendapat gelar paru-laru dunia ini merupakan rumah bagi berbagai keajaiban yang menjadi sumber ketakjuban umat manusia.


Photo: Felipe Menegaz/Wikipedia

Selain itu, hutan Amazonnya juga dinobatkan sebagai “Neraka Hijau”, dikarenakan setiap tahun sungainya selalu meluap. Lebatnya hutan membuat semua terlihat sama dan yang terakhir karena banyak serangan dari serangga buas yang sebagian besar belum dinamai. 

Tigapuluh persen dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman ada di hutan ini. Beberapa jenis binatang di hutan ini adalah jaguar, tapir, anakonda, boa, kupu-kupu morpho biru, elang harpy, sloth, cainman, babi hutan, ikan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan berbagai jenis tanaman yang ada di sini adalah pohon kapok, pohon telinga gajah, teratai raksasa, anggrek, jarda, sapodilla, pohon pisang, dan lain-lain. Ada banyak sekali fakta menarik dari hutan ini. Di samping itu, hutan Amazon ini juga mempunyai beberapa fakta unik yang patut diketahui para wisatawan.

Sumber 80 Persen Makanan di Dunia
Dengan keanekaragaman spesiesnya yang luar biasa, tak heran jika sebagian besar makanan yang dikonsumsi manusia berasal dari sini. Hutan hujan Amazon memiliki lebih dari 3.000 buah. Hanya 200 di antaranya yang dikonsumsi di dunia barat.

Sebagian besar obat-obatan di dunia juga berasal dari spesies flora fauna di Amazon. Tepatnya 25 persen dari semua obat-obatan barat berasal dari sini. Namun kurang dari 1 persen tumbuhan Amazon saja yang sudah pernah diuji oleh para ilmuwan.

Wilayahnya Mencakup 9 Negara
Hutan Amazon atau lembah Amazon mencakup lebih dari 1,7 miliar hektar tanah dan perairan. Hutan hujan tropisnya meliputi area seluas 1,4 miliar hektar.

Sebagian besar berada di Brasil. Namun sebenarnya hutan Amazon tersebar hingga ke 9 negara, yaitu Brasil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Jadi ‘Tempat Persembunyian’ Sungai Lain
Banyak orang memandang Sungai Amazon sebagai lokasi unik karena bentuknya panjang serta meliuk-liuk. Daya tarik sungai ini tidak hanya berhenti sampai di situ. Sungai Amazon kabarnya juga menjadi ‘tempat persembunyian’ sungai lain.

Sungai tersembunyi ini terletak di bawah perairan Amazon. Letak sungai tersebut kabarnya masuk dalam wilayah negara Brazil. Meski panjangnya menyerupai Amazon, sungai ini juga memiliki perbedaan pada bagian lebar. Sungai tersembunyi ini dikatakan memiliki lebar berkali-kali lipat lebih luas dibandingan Amazon.

Destinasi Wisata yang Eksotis
Bukan lagi tempat menyeramkan, bahkan Hutan Amazon sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi orang. Anda bisa menginap di tengah hutan atau bermalam di sebuah kapal mewah menyusuri Sungai Amazon.

Hutan Amazon bukan lagi hanya untuk mereka yang cinta petualangan. Kini Amazon bisa dinikmati semua kalangan yang menginginkan liburan antimainstream. Kalau tetarik, Anda bisa menemukan beragam agen perjalanan untuk mengenal Amazon lebih dalam.

Pertama Kali Dihuni Manusia 11.200 Tahun Lalu
Meskipun sebagian besar wilayahnya hutan, masih ada sejumlah pemukiman di pedalaman Amazon. Berdasarkan bukti arkeologi, diyakini manusia pertama kali mendiami Amazon setidaknya 11.200 tahun yang lalu. 

Para penduduk pertama ini menetap di lembah Sungai San Rafael dan Sungai Quijos. Daerah yang terletak di kaki Gunung Reventador ini memang sangat subur dan berlimpah kekayaan alam. *** (SS)

SHARE