Ed Sheeran Tumbangkan Rekor Tur Terlaris U2 - Male Indonesia
Ed Sheeran Tumbangkan Rekor Tur Terlaris U2
Sopan Sopian | News

Tur konser Ed Sheeran di Hannover, Jerman, Jumat (2/8/2019) lalu secara resmi memecahkan rekor tur terlaris sepanjang masa yang sebelumnya jadi milik grup band U2.


Photo: MyCanon/Wikipedia

U2 memulai 360 Tour mereka pada Juni 2009. Hingga Juli 2011, tur itu telah meraup USD735,4 juta setelah band asal Irlandia itu tampiul di 110 show selama kurun waktu tersebut. 

Sheeran yang tampil seorang diri dalam tur konser bertajuk 'Divide Tour' telah meraup USD736,7. Pendapatan turnya itu masih bisa bertambah karena masih ada waktu hingga 26 Agustus mendatang. 

Konser di Ipswitch, Inggris, itu akan menjadi konser ke-255 Divide Tour sekaligus sebagai pemungkas tur yang telah dijalani pelantun Shape of You itu sejak Maret 2017. 

Menurut hasil riset Pollstar, volume show Sheeran itu berarti bahwa dia melampaui catatan kehadiran U2 terlebih dahulu ketimbang rekor penjualan, meskipun Sheeran memiliki rata-rata kehadiran lebih rendah, yaitu 34.541 per show dibandingkan 66.091 per show yang dicapai U2. 

Namun, dari hitungan penjualan, Sheeran sebenarnya memiliki rata-rata harga tiket paling murah di 10 besar tur terlaris 2018, dengan rata-rata harga tiket USD86,75, dan tidak menawarkan paket VIP. 

“Hari ini, Divide Tour memecahkan rekor tur sepanjang masa yang dicetak U2. Sekarang, ini adalah tur yang paling banyak dihadiri penonton dan terlaris sepanjang masa. Terima kasih kepada semua yang telah datang ke show. Masih ada 12 show tersisa, tidak akan melupakannya,” tulis Sheeran di Instagram.

Manajer Sheeran, Stuart Camp, menyebut pencapaian Sheeran itu sangat luar biasa. Dia mengira Sheeran akan mendapatkan rekor penonton tertinggi, tapi bukan tur terlaris. 

“Saya kira tidak ada kebetulan kalau band favorit saya adalah U2. Saya tidak menempatkan kami pada level itu karena mereka jelas mempertahankan karier jauh lebih lama, tapi untuk imbang di tempat yang sama seperti mereka atau dibicarakan di kalimat yang sama dengan aksi tur itu sangat membanggakan,” papar dia seperti dikutip Bang Showbiz. *** (SS)

SHARE