Bosan Ngegym, Coba Manfaat Lebih dari Bela Diri - Male Indonesia
Bosan Ngegym, Coba Manfaat Lebih dari Bela Diri
MALE ID | Sport & Hobby

Banyak berpandangan bahwa, berlatih bela diri berarti mempelajari kekerasan. Tidak bisa dipungkiri memang, namun dalam seni bela diri, tidak hanya sekadar memukul atau mendendang. Banyak teknik yang diajarkan di dalamnya.

Gambar oleh Marvin Rheinheimer dari Pixabay 

Akan tetapi, jika dipelajari betul akan makna seni bela diri, justru memiliki segudang manfaat. Sejatinya ilmu bela diri mengajarkan pelakunya dalam sebuah kesabaran, disiplin, dan kecerdasan yang tertanam dalam diri seseorang tanpa disadari. Lalu apa saja manfaat yang dimaksud?

Sehat
Sudah pasti belajar bela diri dapat memberikan benefit yang satu ini. Belajar gerakkan bela diri sama saja dengan fitness. Kalori yang dikeluarkan cukup setara dengan olahraga olahraga lainya. Selain itu, berlatih bela diri juga membakar lemak. 

Jika Anda menginginkan olahraga menyehatkan yang murah, maka salah satu pilihannya adalah berlatih bela diri. Anda bisa berlatih sendiri gerakan-gerakan dasar beladiri maupun berlatih jurus yang terdiri dari rangkaian gerakan.

Membuat Otot Kuat dan Tubuh Fleksibel
Gerakan memukul, menendang, merunduk, melompat dan lainnya seringkali diterapkan dalam seni bela diri. Gerakan lainnya seperti gerakan berlari, sit up, push up, berjalan juga jongkok, semua itu bisa melatih Anda agar menjadi lebih kuat, cekatan, tangkas, cepat, terutama untuk kekuatan otot yang Anda miliki.

Melatih Penguasaan Diri
Praktisi bela diri yang sudah berpengalaman akan mampu mengatur dan menguasai diri. Praktisi bela diri mampu membuat dirinya tidak terlalu percaya diri secara berlebihan dan juga tidak merasa rendah diri. 

Praktisi bela diri tidak akan pernah terbawa emosi karena dia mampu menguasai diri. Praktisi bela diri tahu bahwa emosi adalah awal dari pancingan untuk lepas kendali diri hingga tidak mampu menguasai diri.

Sportif Bagi Diri
Praktisi bela diri akan memiliki sifat sportif. Dalam berlatih bela diri seorang praktisi akan banyak mengatahui sejauh mana kemampuan dirinya. Seorang praktisi beladiri akan mengetahui dan bisa menilai kemampuan orang lain serta tidak merendahkan mereka. 

Hal ini karena seorang praktisi bela diri banyak berlatih dengan lawan tanding yang memiliki berbagai macam kemampuan. Seorang praktisi bela diri sejati akan mengakui kelebihan lawan tanding dan menjadikannya motivasi bagi dia untuk terus berlatih supaya lebih baik lagi kemampuannya, begitu juga dalam kehidupan sehari-hari.

Tekun
Percaya atau tidak, beladiri sangatlah melatih ketekunan seseorang. Berlatih dan menguasai gerakkan dengan flow yang tepat bukanlah hal yang mudah. Kemampuan dalam menciptakan gerakan yang sedemikian rupa haruslah melewati proses yang cukup rumit.

Alasannya karena Anda juga harus memahami timing gerakan secara baik dan benar. Maka dari itu, belajar beladiri dapat menciptakan ketekunun terhadap setiap pribadi yang mempelajarinya.

Disiplin
Selain meciptaka ketekunan, belajar bela diri juga melatih kedisiplinan Anda. Hal ini karena salam berlatih bela diri diperlukan serangkaian latihan yang rutin dan terus menerus. Berlatih bela diri yang paling baik adalah berltih secara rutin dan terus menerus secara disiplin. Di sisi lain, kedisiplinan berlatih bela diri ini juga akan memberikan efek kedisiplinan dalam keseharian seorang praktisi beladiri.

Percaya Diri
Berlatih bela diri memerlukan penguatan mentalitas pantang menyerah pada diri praktisinya. Bagaimana seseorang dapat membela diri apabila kepercayaan diri saja belum punya. Maka dari itu, percaya diri akan muncul seiring Anda berlatih bela diri yang dimana, saat Anda berlatih, tingkat kepercayaan diri Anda juga dilatih. *** (SS)

SHARE