Tips Bijak Memilih Oleh-Oleh Saat Liburan - Male Indonesia
Tips Bijak Memilih Oleh-Oleh Saat Liburan
MALE ID | Relax

Membeli oleh-oleh untuk orang tercinta menjadi suatu hal yang wajib dibawa ketika habis liburan. Apapun jenis oleh-oleh yang dibelikan tentu akan lebih baik jika membeli oleh-oleh yang merupakan khas dari destinasi yang Anda kunjungi. 

oleh-oleh - Male IndonesiaPhoto by Andre Benz on Unsplash

Sebagai wisatawan Anda harus bijak dalam memilih oleh-oleh. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh berupa makanan, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa dari makanan tersebut. 

Tidak hanya makanan saja, namun juga untuk benda lainnya. Anda harus lebih teliti terlebih dulu saat membelinya. Selain itu, masih ada tips bijak lainnya untuk Anda sebelum membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah liburan.

Membuat Daftar
Membuat daftar orang-orang yang akan Anda bawakan oleh-olehnya. Hal ini bertujuan agar disaat Anda membeli oleh-oleh sesuai dengan jumlah orang yang ingin  diberikan.

Rencanakan Budget 
Rencana budet atau rencana anggaran sebelum berangkat liburan perlu, di mana di dalamnya juga ada rencana anggaran untuk oleh-oleh. Jika tidak Anda bisa kehilangan anggaran Anda jika terlalu banyak menghabiskan untuk oleh-oleh.

Cari Informasi Tempat Belanja Terjangkau
Di tempat wisata banyak toko dan tempat jualan oleh-oleh. Pilihlah mana yang menawarkan harga terjangkau. Tanya pada petugas hotel atau masyarakat setempat untuk menemukan tempat tepat beli oleh-oleh.

Jangan Lupa Menawar 
Saat beli oleh-oleh, sangat wajar jika mengeluarkan jurus tawar menawar. Bukan hal yang tabu untuk menawar harga lebih murah. Dapatkan diskon untuk setiap pembelian sebisa mungkin. Bagi yang beli dalam jumlah banyak, harga tentu akan lebih hemat.

Beli Oleh-oleh Khas dari Destinasi Setempat
Jangan asal beli oleh-oleh untuk orang tercinta Anda. Pilihlah item yang jadi ikon destinasi yang Anda kunjungi. Misalnya jika ke Belitung, maka oleh-oleh yang harus dibeli adalah batik simpor atau batu satam.

Pertimbangkan Ukuran dan Berat 
Saking asyiknya, berbeblanja oleh-oleh bisa saja kalap. Padahal masalah berat dan ukuran juga harus diperhatikan. Terlebih yang berwisata dengan bus. Jika terlalu besar maka bisa-bisa tidak terangkut.

Nah, itulah beberapa tips bijak untuk bisa Anda pertimbangkan ketika ingin membawa oleh-oleh selepas Anda liburan. Jangan sampai tidak membawa oleh-oleh untuk orang tercinta Anda. *** (SS)

SHARE