Memiliki Teman Sedikit Ternyata Lebih Bahagia - Male Indonesia
Memiliki Teman Sedikit Ternyata Lebih Bahagia
MALE ID | Relationships

Bagi sebagian orang, punya banyak teman merupakan kebanggaan. Apalagi kalau mereka berasal dari berbagai latar belakang, daerah, suku dan budaya. Pasti akan semakin menyenangkan ketika berbagi pengalaman, main bersama hingga tukar pikiran.

Teman Sedikit - male Indonesia
Photo: Unsplash.com

Namun, ada juga yang justru nyaman dengan jumlah teman yang sedikit. Bahkan, katanya memiliki sedikit teman jauh lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang memiliki banyak teman, benarkah demikian?

Shigero Oishi dari University of Virginia dan Selin Kesebir dari London Business School mengungkap kepada Livescience bahwa memiliki banyak teman ternyata tidak selalu menunjukkan hasil yang positif.

Para ahli menduga hal ini ditentukan oleh kondisi sosial dan ekonomi setiap orang. Misalnya saja, mobilitas yang tinggi membuat seseorang menjadi lebih loyal dan memiliki banyak teman. Namun di sisi lain, punya banyak teman juga cukup menyita banyak waktu, energi, dan uang.

Manfaat Memiliki Sedikit Teman
Anda mungkin takut dikira penyendiri atau kurang gaul jika hanya punya sedikit teman. Nyatanya, punya lebih sedikit teman juga menyimpan manfaat yang tak kalah penting bagi kehidupan Anda. 

Tidak Merasa Bersalah Saat Sibuk
Akan ada masanya ketika pekerjaan mengambil alih sebagian besar waktu Anda. Apalagi jika ada kesempatan untuk promosi jabatan, atau ingin mengembangkan karir, kesibukan bisa dua kali lipat lebih banyak. Jika teman Anda banyak, akan sangat sulit untuk membagi waktu untuk setiap teman. Beruntung jika mereka mau mengerti kesibukan Anda.

Akan lebih mudah jika teman Anda sedikit. Membagi waktu juga lebih mudah dan fleksibel. Apalagi sahabat biasanya lebih mengerti dan memahami diri Anda sehingga tak perlu khawatir ketika kesibukan tak bisa dihindari.

Lebih Bertahan Lama
Hidup akan terus berjalan ke depan dan berpindah-pindah. Mungkin sekarang Anda bisa berkumpul bersama sahabat dan teman, namun suatu saat semua akan menempuh jalan masing-masing. Jika seperti itu, akan sulit mempertahankan persahabatan dan kedekatan. 

Apalagi jika teman Anda sangat banyak, mustahil bisa menjaga kedekatan dengan semuanya. Apabila teman sedikit pastinya akan lebih mudah untuk diajak ngumpul, tidak susah atau ribet apalagi banyak drama.

Tidak Banyak Konflik 
Memang tidak ada jenis pertemanan yang bebas dari konflik sepenuhnya. Namun, jika Anda punya lebih sedikit teman, maka konflik yang mungkin timbul tentu akan lebih sedikit daripada saat Anda punya banyak teman. Masalahnya pun cenderung bisa diselesaikan lebih mudah dan cepat.

Nah itulah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memiliki teman sedikit. Sedikit teman terkadang menjadi hal yang harus Anda syukuri. terlebih jika mereka bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain.

SHARE