Segudang Manfaat Olahraga Sambil Dengarkan Musik - Male Indonesia
Segudang Manfaat Olahraga Sambil Dengarkan Musik
MALE ID | Sport & Hobby

Akhir pekan menjadi momen yang tepat untuk berolahraga dan mengembalikan kebugaran tubuh. Olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, hingga berenang menjadi pilihan yang paling sering dilakukan.

Olahraga - male IndonesiaPhoto: Chris Hunkeler/Flickr.com

Untuk meningkatkan semangat saat berolahraga, sebagian orang akan mendengarkan lagu favoritnya. Tidak hanya menyenangkan, ternyata mendengarkan musik saat olahraga juga bisa memberikan segudang manfaat yang baik.

Seorang ilmuwan di Brunel University London, Costas Karageorghis, dilansir ABC, melakukan penelitian tentang peran ritme musik dalam latihan dan olahraga. Dalam penelitiannya, ia mengidentifikasi banyak cara ketika musik dapat meningkatkan kinerja fisik.

Manfaat yang paling jelas adalah hubungan emosional yang intens dengan lagu-lagu tertentu. Menurut Costas, musik dapat menyulap citra positif pendengarnya. Dia juga menemukan adanya disosiasi dalam musik yang membantu mengarahkan perhatian pendengarnya ke luar daripada ke dalam, dan menenggelamkan perasaan kelelahan pada tubuh.

Saat mendengarkan musik, orang cenderung mengabaikan 10 persen pengerahan tenaga yang dikeluarkan. Maka secara tidak langsung, musik dapat menyingkirkan rasa lelah dan membantu pendengarnya berlari lebih cepat dan lebih lama.

Untuk olahraga berat, disosiasi yang diinduksi musik untuk membuat pendengarnya mengabaikan rasa lelah mungkin tidak akan terjadi, seberapa pun kerasnya musik yang diputar. Namun tubuh tetap akan merasakan manfaat hiburan dan lebih relax karena secara alami tubuh mengikuti ritme yang dialunkan musik.

Begitu juga ketika mendengarkan trek dengan tempo cepat, maka irama jantung secara otomatis meningkat lima hingga 15 denyut per menit. Hal ini juga memicu pelepasan adrenalin yang dapat membuat tubuh prima untuk aktivitas yang lebih besar. 

Dikombinasikan dengan lirik motivasi, respons fisiologis itu dapat menempatkan pendengarnya dalam kondisi fisik dan mental yang sempurna untuk berolahraga lebih keras. "Ini membuat Anda bersemangat dan membuat Anda masuk ke dalam alirannya," kata Matthew Stork, seorang doktor di Fakultas Ilmu Kesehatan University of British Columbia di Kanada.

Memilih Lagu yang Tepat
Mengutip laman scientificamerica, beberapa syarat untuk menentukan suatu lagu yang sesuai dengan olahraga Anda. Pertama Anda bisa mengawali dengan musik tempo lambat. Musik dengan tempo lambat tidak akan terlalu menghabiskan energi Anda, malah justru akan menenangkan Anda sebelum Anda memulai olahraga. 

Terlebih bila lagu untuk olahraga tersebut memiliki aransemen maupun lirik yang memotivasi. Kemudian, hal yang kedua adalah sesuaikan dengan detak jatung. Musik yang memiliki tempo senada, paling tidak hanya lebih cepat lima persen dari detak jantung Anda, akan membuat olahraga Anda jadi lebih optimal.

Dan yang ketiga adalah sesuaikan dengan irama olahraga. Teknik ini akan membantu Anda mengendalikan gerakan-gerakan yang Anda lakukan, sehingga mengurangi terbuangnya simpanan oksigen dalam tubuh, yang sebenarnya Anda butuhkan selama berolahraga. *** (SS)

SHARE