Rencana Apple Bikin Siri Makin Canggih Tertunda - Male Indonesia
Rencana Apple Bikin Siri Makin Canggih Tertunda
MALE ID | Digital Life

Beberapa waktu lalu Apple mengumumkan akan menunda program yang melibatkan orang untuk menilai potongan rekaman suara Siri agar tampak tingkat akurasinya. Apa alasan penundaan program Siri tersebut?


Photo: Karlis Dambrans/flickr

Seperti dikutip dari The Verge, berdasarkan keterangan seseorang yang terlibat dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa perusahaan kontraktor yang telah dipilih Apple, secara rutin mendengar informasi medis rahasia, transaksi narkoba hingga rekaman pasangan berhubungan intim sebagai bagian dari tugas mereka.

“Kami berkomitmen memberikan pengalaman rekaman suara Siri yang luar biasa sekaligus melindungi privasi pengguna,” kata juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan resmi.

“Meski kami sudah melakukan evaluasi menyeluruh, kami menangguhkan penilaian Siri secara global. Selain itu, sebagai bagian dari pembaruan software di masa mendatang, pengguna akan memiliki kemampuan untuk memilih berpartisipasi dalam penilaian,” katanya lagi.

Belum disebutkan lebih detail oleh pihak Apple, apakah selain menghentikan program analisis Siri tersebut, mereka juga akan berhenti menyimpan rekaman di server milik mereka.

Tapi yang pasti, Apple menyatakan menyimpan rekaman selama enam bulan, sebelum menghapus informasi identifikasi dari salinan yang dapat disimpan selama dua tahun atau lebih.

Tujuan dari program analisis Siri tersebut adalah untuk membantu meningkatkan keakuratan Siri dan mencegah pemicu yang terlontar tak sengaja.

“Sebagian kecil dari perintah Siri dianalisis untuk meningkatkan Siri. Respon Siri ditelaah dalam fasilitas yang aman dan semua reviewer memiliki kewajiban untuk mematuhi persyaratan kerahasiaan Apple yang ketat,” demikian keterangan yang dikeluarkan oleh Apple.

Hanya saja, ketentuan layanan Apple kurang jelas terkait manusia di luar Siri yang ikut mendengarkan aktivitas pengguna. Pihak Apple hanya mencatat bahwa informasi tertentu seperti nama pengguna, kontak, musik yang sedang didengarkan pengguna, dan pencarian dikirim ke server Apple dengan enkripsi.

Di samping itu, Apple tak menawarkan pengguna cara untuk keluar dari Siri kecuali dengan menonaktifkannya. Padahal, asisten suara dari Amazon dan Google yang menggunakan ulasan manusia demi meningkatkan akurasi, sudah memberikan fitur bagi pengguna yang ingin keluar alias tidak ingin memakainya sementara waktu. [GP]

SHARE