Dada & Paha Ayam, Mana yang Lebih Menyehatkan? - Male Indonesia
Dada & Paha Ayam, Mana yang Lebih Menyehatkan?
Gading Perkasa | Sex & Health

Paha ayam selama ini dikenal lebih ekonomis dan lebih mudah untuk diolah ketimbang dada. Di sisi lain, dada ayam lebih efisien karena Anda akan memperoleh lebih banyak daging dan sedikit kulit. Pertanyaannya, mana yang lebih menyehatkan?


Photo by OWPictures from Pexels

Sejatinya, dada dan paha ayam mempunyai kandungan gizi masing-masing. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Hello Sehat.

Protein
Baik dada maupun paha ayam merupakan sumber protein hewani yang baik. Satu potong paha ayam panggang dengan berat sekitar 85 gram mengandung protein sebesar 21 gram.

Sedangkan dada ayam memiliki jumlah protein lebih tinggi, yaitu sekitar 25 gram. Artinya, protein dada ayam lebih banyak daripada paha ayam.

Asupan protein yang disarankan setiap harinya adalah sekitar 56 gram untuk pria. Protein ini penting guna meningkatkan kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan pembentukan massa otot.

Lemak
Perbedaan gizi pada dada dan paha ayam lebih terlihat pada kandungan lemaknya. Rupanya, dada ayam lebih rendah lemak daripada paha ayam. Setiap 85 gram dada ayam panggang mengandung 7 gram lemak total dan 2 gram lemak jenuh. Jumlah ini merupakan 10 % dan 9 % dari asupan harian yang disarankan.

Sementara itu, paha ayam dengan porsi sama mengandung 13 gram lemak total dan 3,5 gram lemak jenuh. Jumlah ini setara 20 % dan 18 % asupan harian lemak jenuh yang disarankan. Untuk menurunkan lemaknya, singkirkan bagian kulit pada dada dan paha ayam sebelum dimakan.

Kalori
Setiap 85 gram dada ayam mentah mengandung 170 kalori, sementara paha ayam 210 kalori. Hal ini menunjukkan bahwa paha ayam punya jumlah kalori lebih tinggi.

Kolesterol
Kandungan kolesterol pada dada maupun paha ayam tergolong sedang. Setiap 85 gram dada ayam mengandung 70 mg kolesterol atau 24 % asupan harian yang disarankan. Sementara paha ayam 80 mg kolesterol, atau sekitar 26 %.

American Heart Association merekomendasikan agar penderita penyakit jantung koroner membatasi asupan kolesterol harian sebanyak 200 mg.

Natrium
Bagian dada dan paha ayam mengandung jumlah natrium yang tidak jauh berbeda. Pada 85 gram paha ayam terdapat 70 mg natrium, sementara dada ayam 60 mg natrium.

Tentu angka perkiraan ini hanya dilihat dari daging mentahnya saja. Teknik masak dan penambahan bumbu tertentu dapat sedikit banyak mengubah nilai gizi masakan tersebut, terlepas dari bagian ayam mana yang Anda pilih. [GP]

SHARE