5 Spot untuk Bercengkerama dengan Hiu Paus - Male Indonesia
5 Spot untuk Bercengkerama dengan Hiu Paus
MALE ID | Relax

Hiu paus atau rhincodon typus dianggap sebagai ikan terbesar di dunia. Para ilmuwan juga menganggap hewan ini sebagai salah satu vertebrata terbesar non mamalia.


Photo: MaxPixel

Menurut Guinness Book of Animal Facts and Feats, hiu paus terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 41,5 kaki dan beratnya hampir 47.000 pon. Ikan ini sering hidup baik di perairan tropis yang suhunya lebih tinggi dari 70 derajat Fahrenheit.

Setidaknya, ada beberapa tempat di dunia yang dapat Anda kunjungi untuk melihat hiu paus. Mana saja? Simak rangkuman di bawah ini.

Pantai Timur Afrika
Negara-negara lepas pantai timur Afrika seperti Kenya, Mozambik, Djibouti, dan Tanzania merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat hiu paus. Di Mozambik, ikan ini bisa terlihat pada bulan November hingga Februari.

Taman Laut Nasional Kepulauan Bazaruto menawarkan lokasi terbaik bagi pengunjung melihat hiu paus saat mereka makan. Selain itu, ada pula tempat lain seperti pantai Tofo yang dihuni beberapa spesies tersebut.

Beberapa pusat penyelaman didirikan demi melayani pengunjung yang mau berenang bersama hiu paus. Di mana mereka mengunjungi perairan Djibouti untuk memakan plankton di sekitar Laut Merah.

Jika Anda mengunjungi Madagaskar, di sana terdapat pusat penyelaman hiu paus, tepatnya di Pulau Nosy Be.

Honduras
Honduras adalah tempat lain yang dapat Anda kunjungi untuk melihat hiu paus terutama Pulau Utila. Keunikan dari pulau ini, hiu paus bisa Anda lihat sepanjang tahun. Mereka biasanya berkumpul di dekat tepi utara pulau dan tinggal di perairan dalam.

Pusat Penelitian Hiu Paus dan Oseanik terletak di Utila karena keberadaannya menetap. Pusat ini berkontribusi dalam mempelajari hiu paus di dunia. Selain Utila, hiu paus kerap terlihat di lepas pantai Pulau Roatan di Karibia.

Ningaloo Reef (Australia)
Taman Nasional Ningaloo, Australia didirikan untuk melestarikan ekosistem laut di wilayah tersebut. Hiu paus sering muncul di sana, khususnya di Ningaloo Reef yang merupakan tempat terbaik berenang bersama ikan paus. Airnya sangat jernih sehingga mereka hidup layak.

Hiu paus bisa Anda lihat di sekitar perairan Australia setiap Maret hingga Juli karena peluang makanan yang disediakan karang.

Pulau Holbox dan Pulau Mujeres (Meksiko)
Sejumlah tempat di Meksiko seperti Pulau Holbox dan Pulau Mujeres menjadi tempat terbaik hiu paus di dunia. Perairan di sekitar ini sangat cocok karena suhunya hangat dan berlimpahnya plankton.

Hiu paus akan mendatangi tempat yang dihuni plankton sebagai makanan mereka. Waktu untuk melihat hiu paus di Meksiko adalah dari Juni hingga September.

Teluk Cendrawasih dan Gorontalo
Ternyata Indonesia masih memiliki tempat habitat hiu paus yang dilestarikan. Karena letak geografis yang unik, hiu paus dapat dilihat di sekitar Teluk Cendrawasih dan Gorontalo. Teluk Cendrawasih disebut taman laut paling luas. Ini dijadikan tempat para ilmuwan meneliti hiu paus.

Begitu pula di Desa Kwantisore dan Desa Botubarani, Gorontalo. Desa Botubarani dianggap wilayah paling mudah menemukan hiu paus yang menarik wisatawan. Setiap Desember hingga April, Anda tidak boleh lupa mengabadikan ikan tersebut. [GP]

SHARE