Eksplorasi Wisata di Kawasan Altiplano, Bolivia - Male Indonesia
Eksplorasi Wisata di Kawasan Altiplano, Bolivia
Gading Perkasa | Relax

Berniat mengeksplorasi tempat wisata yang belum banyak terjamah orang? Amerika Selatan adalah pilihan tepat. Tidak harus mendatangi Hutan Amazon atau Pegunungan Andes, cobalah terbang ke Bolivia. Memang ada apa di negara itu?


Photo: MaxPixel

Jelajah Kawasan Altiplano
Di kawasan Altiplano, Bolivia, terdapat sebuah danau berwarna merah yang pekat layaknya darah. Danau itu bisa ditemukan di ketinggian 14 ribu kaki bagian barat daya Altiplano.

Bernama Laguna Colorada, danau ini berada di Eduardo Avaroa Andean Fauna National Reserve, dekat perbatasan dengan Chili.

Seperti dilansir dari Amusing Planet, Laguna Colorada adalah danau tinggi kadar garam yang memiliki luas hampir 15 ribu hektar. Warna merah darah muncul karena ganggang yang tumbuh di air garam laguna. Danau juga kaya akan plankton dan menarik sejumlah besar burung flamingo James.

Danau ini dihiasi pulau-pulau putih hasil deposit boraks dalam jumlah besar. Daerah Altiplano memiliki banyak laguna besar yang juga berwarna cemerlang. Airnya tinggi kadar mineral.

Seperti misalnya, Laguna Verde yang terkenal sebagai perairan zamrud berwarna hijau. Laguna Colorada adalah satu-satunya laguna merah besar yang ada di Reserve Eduardo. Lokasi lain yang terkenal adalah dataran garam Salar De Uyuni yang terletak tidak jauh.

Mayoritas pemandangan sekitar Laguna merah itu berupa batu-batu gurun dan deposit garam. Suhu udara cukup kering di bawah titik beku saat fajar. Namun suhu menghangat selama musim panas, sehingga mengunjunginya akan menyenangkan.


Photo by franz quiroz from Pexels

Daerah dekat Laguna Colorado menjadi rumah bagi berbagai spesies burung dan hewan lainnya seperti puma, rubah Andean dan kucing. Tiga dari enam spesies flamingo ada di sini, yaitu flamingo Chili, Andes dan James.

Karnaval Unik
Oruro adalah kota pertambangan yang terletak di ketinggian Altiplano, sekitar tiga jam perjalanan dari ibukota La Paz. Meski lokasinya agak terpencil, setiap tahun, festival paling terkenal di seluruh Amerika Selatan digelar di sini.

Karnaval Oruro yang diadakan setiap hari Sabtu sebelum Rabu Abu adalah acara dan perayaan budaya terbesar di Bolivia dan Amerika Latin. Karnaval ini menampilkan hampir 20 jam pesta terus-menerus diiringi 30.000 penari dan sekitar 10.000 musisi yang menampilkan tarian folklorik Bolivia dengan kostum meriah.

Uniknya, karnaval di Oruro selalu dimulai dengan diablada (tarian setan), yang dianggap mempertahankan sebagian besar ekspresi artistik dari Amerika pra-Columbus.

Karnaval Oruro merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bolivia, dengan kerumunan hingga 400.000 orang per tahun. [GP]

SHARE