Perlunya Etika Saat Berwisata, Begini Caranya - Male Indonesia
Perlunya Etika Saat Berwisata, Begini Caranya
Sopan Sopian | Relax

Pergi ke suatu tempat wisata yang baru tentu menyenangkan. Selain bisa mendapatkan pengalaman baru, juga bisa pamer tempat baru untuk dibagikan ke sosial media.


Gambar oleh Masashi Wakui dari Pixabay 

Rasanya memang kurang lengkap jika liburan tidak sambil membagikan pengalaman di media sosial. Selain bisa 'pamer', juga secara tidak langsung membuat orang lain mendapatkan pengetahuan baru terkait tempat wisata yang Anda kunjungi. 

Akan tapi jangan sampai Anda terlalu egois menikmati refreshing hingga melupakan etika saat berwisata. Bersenang-senang boleh, tapi menjadi wisawan yang beretika juga perlu. Maka dari itu, berikut ini adalah bagaimana Anda menjadi wistawan yang beretika saat liburan.

Mengenali Budaya Setempat
Lain tempat maka lain pula adatnya. Ketika berwisata ke suatu daerah yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, cobalah berkenalan dengan penduduk lokal, berkomunikasi dengan bahasa mereka walaupun hanya satu atau dua patah kata. Anda bisa mencari tahu dari buku atau website-website wisata.

Taati Aturan di Obyek Wisata 
Peraturan di obyek wisata dibuat demi kelestarian obyek wisata dan keamanan wisatawan. Banyak wisatawan yang merasa sudah bayar atau sudah datang jauh-jauh sehingga melanggar aturan. Selfie atau foto untuk media sosial juga sering membuat wisatawan melanggar aturan.

Berpakaian yang Sopan
Pada beberapa destinasi wisata, para pengunjung diharuskan berpakaian sopan dan tertutup. Misalnya saat berkunjung ke tempat-tempat ibadah untuk wisata religi, seperti di Candi Borobudur dan juga masjid-masjid bersejarah.

Memberi Tip 
Orang Indonesia mungkin belum begitu mengenal budaya memberi uang tip. Namun di beberapa negara, memberi uang tip ternyata menjadi sebuah etika. Pelajari budaya memberi tip dan besaran uang tip yang harus diberikan sebelum berkunjung ke sebuah destinasi.

Bijaklah Menggunakan Layanan
Saat Anda berlibur ada baiknya jika Anda bijak dalam menggunakan layanan yang tersedia, misalnya jika Anda menginap di penginapan sebaiknya Anda menghemat air dan listrik. Jangan berpikir karena telah membayar jadi bisa bebas menggunakan fasilitas yang ada. Baiknya memikirkan dampak buruk pada lingkungan yang bisa saja disebabkan oleh fasilitas yang Anda gunakan.

Buang Sampah pada Tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal paling dasar dan sudah diajarkan sejak kecil, walaupun tetap saja masih sangat banyak yang tidak mematuhi aturan ini. Dan jika di tempat wisata yang Anda kunjungi tidak ada tempat sampahnya, simpanlah sementara sampah tersebut di tas atau kantung pakaian. *** (SS)

SHARE