Cara Cuci Muka yang Baik Agar Wajah tidak Rusak - Male Indonesia
Cara Cuci Muka yang Baik Agar Wajah tidak Rusak
MALE ID | Looks

Mencuci muka merupakan salah satu aktivitas penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Namun masih banyak orang yang tidak paham mengenai cara mencuci muka dengan baik dan benar. 


Gambar oleh StockSnap dari Pixabay 

Anda mencuci muka setiap hari, dan tidak dengan sabun. Itu bagus. Tapi Anda juga tidak seharusnya memakai scrub sampai 2 atau 3 kali seminggu. Karena dengan begitu semua sel kulit mati yang dilepaskan tubuh Anda sekitar semilyar sehari bisa tercampur dengan minyak alami kulit anda dan menyumbat pori-pori Anda.
 
Selain itu, sebelum mencuci muka, pastikan tangan Anda bersih. Sehabis itu, berikut ini adalah beberapa cara lanjutan lainnya cara cuci muka yang baik agar wajah Anda tidak rusak.

1. Cuci Muka dengan Air Hangat
Hindari menggunakan air panas untuk cuci muka. Pasalnya, air panas justru akan membuat kulit Anda kering dan rentan mengalami iritasi. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk membersihkan wajah.

2. Cuci Muka dengan Sabun Gel atau Krim
Sabun dapat menyebabkan kulit kering dan tidak bisa menghapus seluruh kotoran di wajah. Sabun yang terlalu keras untuk kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan justru memperjelas garis-garis halus di wajah.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah berbentuk krim atau gel. Pembersih wajah jenis ini berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit, dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

3. Memijat Lembut Wajah Anda
Jangan terburu-buru ketika mencuci muka. Pasalnya, hal tersebut membuat kotoran dan minyak tidak hilang sempurna. Jika ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas kotoran, luangkan waktu setidaknya beberapa detik untuk memberi pijatan lembut pada wajah Anda. 

Pijat daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk pakai tangan.

4. Jangan Lupa Pakai Toner
Setelah cuci muka, pakai toner sesuai dengan jenis kulit Anda. Toner dapat membersihkan debu dan minyak yang umumnya tidak bisa dibersihkan secara optimal oleh pembersih biasa.

Tak hanya itu saja, toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan kelebihan minyak, serta menghaluskan kulit Anda. *** (SS)

SHARE