Jangan Terbiasa Membatalkan Janji dengan Klien - Male Indonesia
Jangan Terbiasa Membatalkan Janji dengan Klien
Gading Perkasa | Works

Menepati janji merupakan salah satu ciri karyawan profesional. Sayangnya, kesibukan kerja yang padat mungkin membuat Anda terbiasa membatalkan janji. Akhirnya, Anda merasa tidak enak. Terutama jika berjanji menemui klien penting.


Photo: Pexels

Kebiasaan membatalkan janji membuat Anda harus lebih disiplin dan introspeksi diri. Sebaiknya Anda melakukan beberapa hal ini bila terpaksa membatalkan janji dengan orang lain.

Katakan Segera
Jangan pernah membatalkan janji beberapa menit sebelum waktu yang sudah ditentukan. Mungkin klien Anda sudah tiba di lokasi yang disepakati ketika Anda mengabari. Hal tersebut akan membuat klien sangat kesal.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda katakan sejak awal. Paling tidak satu atau dua hari sebelumnya. Kalaupun Anda terpaksa membatalkan janji secara mendadak, usahakan beberapa jam, jangan terlambat.

Meminta Maaf
Sering membatalkan janji akan bikin orang lain kesal. Tapi, Anda dapat meminimalkan rasa kesal mereka dengan meminta maaf secara sopan. Cobalah menghubungi klien melalui telepon. Katakan bahwa Anda terpaksa menunda janji bertemu.

Anda juga wajib menyebutkan alasan pembatalan yang logis, agar klien bisa memaklumi hal tersebut.

Segera Susun Janji Berikutnya
Salah satu etika penting ketika membatalkan janji adalah membuat jadwal berikutnya. Ajaklah ia untuk bertemu di hari lain. Sebaiknya Anda menyesuaikan waktu dengan kesediaan klien.

Perlu dipastikan bahwa Anda tak akan berhalangan lagi. Rencana janji berikutnya sangat penting untuk memulihkan kesan profesional di mata klien.

Mengirimkan Bingkisan
Jika Anda benar-benar merasa bersalah karena membatalkan janji penting, kirimkanlah bingkisan sebagai permintaan maaf. Bingkisan yang dikemas menarik pasti ampuh meluluhkan hati klien, terutama wanita.

Ketika klien sudah tidak kecewa atas pembatalan janji yang Anda lakukan, Anda pun bisa kembali menjalin komunikasi secara intensif.

Proses pendekatan ini akan membantu Anda mengembalikan kepercayaan klien. Sehingga Anda tetap dipandang sebagai karyawan profesional dan punya itikad baik dalam pekerjaan.

Punya pengalaman membatalkan janji penting yang berakibat fatal? Sekarang, cobalah ubah kebiasaan itu. Jadilah orang yang bertanggung jawab dan profesional di dunia kerja. Sebab itu sangat penting demi membangun citra diri. [GP]

SHARE