Liburan ke Berlin Tanpa Menguras Dompet - Male Indonesia
Liburan ke Berlin Tanpa Menguras Dompet
Gading Perkasa | Relax

Jika dibandingkan dengan Paris atau London, popularitas Berlin sebagai destinasi liburan di Eropa agaknya masih kurang diminati. Padahal, kota ini memiliki pesona yang tidak kalah dari kota-kota lain di Eropa.


Photo: Pixabay

Memang biaya yang diperlukan untuk dapat mengunjungi kota tersebut tidaklah sedikit. Walau demikian, Anda masih tetap bisa menikmati liburan di Berlin tanpa menguras isi dompet Anda. Simak ulasan di bawah ini.

Hindari berkunjung ke Berlin pada bulan September
Saat Anda memutuskan berkunjung ke Berlin, harap memilih waktu yang tepat. Jangan ke sana saat bulan September. Sebab, di pertengahan September, ada acara tahunan bernama Berlin Marathon.

Karena acara itulah, setiap penginapan di Berlin biasanya akan penuh dan menaikkan harga kamar. So, jadwalkan liburan Anda ke Berlin di luar September.

Menginap di dome room
Penginapan mewah tidak termasuk daftar liburan hemat di Berlin. Sebab harganya relatif tinggi. Tapi tenang saja, kota ini punya banyak penginapan dengan harga terjangkau, salah satunya bermodel dome room, yang bisa menampung 2 - 3 orang dalam satu kamar.

Naik kereta
Manfaatkan waktu berkeliling dari satu kota ke kota lain. Anda disarankan menaiki kereta ketimbang bus karena lebih praktis dan harganya lebih rendah. Beberapa jenisnya yaitu U-Bahn (kereta bawah tanah), S-Bahn (kereta cepat dalam kota), trem Inter City, serta Inter City Express.

Anda wajib memiliki tiket untuk dapat menaiki setiap kereta. Harganya disesuaikan jarak tempuh kereta menuju destinasi tujuan.

Kunjungi destinasi cuma-cuma
Sejumlah destinasi di kota Berlin bisa Anda datangi tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Salah satunya yaitu Fernsehturm, menara tertinggi di Berlin. Anda dapat menyaksikan landscape kota ini dari ketinggian.

Kemudian ada Charlottenburg Palace, istana yang dibangun dengan gaya arsitektur baroque. Destinasi lainnya yang tak kalah keren adalah East Side Gallery, Holocaust Memorial, serta River Spree.

Sempatkan belajar bahasa Jerman
Tak ada salahnya Anda sedikit belajar bahasa Jerman. Tujuannya agar Anda lebih lancar melakukan tawar-menawar ketika membeli cendera mata di Mauerpark Flea Market di Berlin.

Itulah tadi beberapa tips liburan di kota Berlin. Jangan lupa juga cicipi kuliner khasnya. [GP]

SHARE