Hindari Kesan Negatif saat Mengundurkan Diri - Male Indonesia
Hindari Kesan Negatif saat Mengundurkan Diri
MALE ID | Works

Kurang apresiasi dari perusahaan seringkali membuat karyawan merasa bahwa resign atau mengundurkan diri adalah keputusan yang tepat. Pertanyaannya, bagaimana cara keluar dari kantor tanpa memberi kesan negatif?


Photo by Lukas from Pexels

Perlu Anda ketahui, ada etika yang seyogyanya diperhatikan. Seburuk apa pun kantor tersebut, tetap yakin akan keputusan yang dibuat dan bertindak tenang. Jangan sekali-kali gegabah, sampai meluapkan kekesalan kepada atasan, mencoba memengaruhi karyawan lain, apalagi mengeluhkan kondisi di media sosial.

Berikut cara menghindari kesan negatif saat Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan.

Bersihkan data di komputer

Sebelum mengundurkan diri, bersihkan komputer Anda. Hapus file pribadi, pesan e-mail, dan akun yang tersimpan. Pastikan Anda punya semua kontak yang perlu dihubungi setelah Anda pergi. Mantan rekan kerja merupakan modal jaringan yang sewaktu-waktu bakal Anda butuhkan.

Selesaikan masalah sebelum pergi

Terlepas dari seberapa besar Anda membenci pekerjaan, atasan, hingga perusahaan, jangan tinggalkan keburukan. Jika punya masalah di tempat kerja, selesaikan sebelum Anda pergi. Ini perlu dilakukan supaya pengunduran diri Anda memberi kesan perpisahan yang baik.

Berikan pemberitahuan kepada atasan

Setidaknya komunikasikan kepada atasan, dua sampai empat minggu sebelum Anda memutuskan mengundurkan diri. Anda boleh resign tanpa pemberitahuan di dalam situasi tertentu, seperti berjuang melawan penyakit.

Menulis surat pengunduran diri

Memberi surat pengunduran diri adalah syarat umum untuk berpamitan dengan perusahaan. Anda bisa menulisnya sesuai format di kantor Anda. Tuliskan surat dalam gaya formal.

Mendapat rincian hak saat akan mengundurkan diri

Ketika memberi tahu atasan atau HRD bahwa Anda akan resign, usahakan Anda mendapat rincian tentang tunjangan karyawan dan gaji yang menjadi hak saat pergi.

Jangan bersikap negatif

Tekankan hal positif dan menceritakan bagaimana perusahaan telah menguntungkan atau membesarkan Anda, meskipun sekarang saatnya pindah. Tidak ada gunanya bersikap dan berbicara negatif yang merugikan diri sendiri.

Tak usah membanggakan pekerjaan baru

Meskipun Anda berhasil memperoleh pekerjaan yang diimpikan, jangan pernah membahas, mengungkit, bahkan membanding-bandingkan hal itu di hadapan rekan kerja atau atasan.

Hormati orang-orang yang selama ini sudah menjadi rekan kerja dan turut andil membuat Anda berkembang seperti sekarang.

Menawarkan bantuan

Tawarkan bantuan kepada perusahaan dalam mengerjakan tanggung jawab yang masih melekat pada Anda.

Surat rekomendasi kerja

Minta surat referensi atau rekomendasi kerja kepada atasan. Tujuannya agar tidak mengalami banyak kendala saat mencari pekerjaan baru. Surat rekomendasi adalah bukti otentik mengenai pengalaman kerja sekaligus menunjukkan kinerja dan sikap Anda di perusahaan lama.

Jangan lupa berpamitan

Luangkan waktu untuk mengirim pesan kepada rekan kerja sekaligus alasannya pada mereka seperti pindah ke tempat baru, mencari pekerjaan lain, pensiun, atau melakukan hobi. Sertakan nomor yang bisa dihubungi supaya Anda menjaga komunikasi. [GP]

SHARE