Mengatur Foto Lebih Mudah dengan Gallery Go - Male Indonesia
Mengatur Foto Lebih Mudah dengan Gallery Go
MALE ID | Digital Life

Setiap hari begitu banyak foto yang diambil dengan smartphone, menumpuk dalam jumlah ribuan di memori perangkat. Sampai saatnya ingin melihat lagi dan mengatur foto yang terbaik untuk diunggah ke media sosial, maka pengguna akan kerepotan.

gallery go - male Indonesia
Foto oleh Fancycrave.com dari Pexels

Mengatur foto satu demi satu, dan mengelompokkan sesuai kategorinya, bukan perkara mudah. Maka perlu aplikasi pengelola foto yang khusus dan pintar membaginya sesuai kategori, salah satunya Google Photos.

Google Photos selama ini dikenal sebagai aplikasi yang mampu mengorganisasikan foto-foto hasil jeperetan pengguna Android, secara otomatis lewat cloud. Fungsi tersebut kini telah ditanamkan oleh Google ke dalam aplikasi baru, yakni Gallery Go.

Seperti dilansir dari The Verge, aplikasi Gallery Go dirancang untuk memungkinkan pengguna tetap mengatur dan mengedit foto dalam kondisi koneksi internet yang kurang mumpuni.

Aplikasi ini juga mampu menyusun aneka gambar ke dalam berbagai kategori berbeda, mulai dari selfie hingga binatang peliharaan. Bedanya, Gallery Go sama sekali tak membutuhkan koneksi internet.

Proses organisasi foto berjalan secara lokal (offline) di perangkat pengguna dengan memanfaatkan teknologi machine learning. Kategori-kategori foto tadi akan ditambahkan ke dalam galeri ponsel.

Gallery Go mendukung kartu memori microSD, sehingga foto dari media penyimpanan eksternal itu pun bisa diatur secara otomatis.

Selain mengorganisasi foto, Gallery Go juga dibekali dengan fitur editing, tweaking otomatis, dan beberapa filter untuk mengubah gambar sesuai selera.

“Aplikasi Gallery Go membantu pengguna smartphone awam untuk menemukan, menyunting, dan mengatur foto tanpa membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi atau cloud backup,” ujar Ben Greenwood, Product Manager Google Photos dalam sebuah unggahan blog.

Google merancang Gallery Go sangat ringan, bagian dari rangkaian aplikasi “Go” yang sudah diluncurkan beberapa tahun terakhir untuk ponsel berspesifikasi rendah (Android Go). Di antaranya Youtube Go, Google Go, dan Google Maps Go.

File instalasi Gallery Go pun ringkas dengan ukuran hanya sekitar 10 MB, sebagaimana dirangkum dari The Next Web.

Dengan kehadiran Gallery Go, Google berharap layanannya bisa merangkul jutaan pengguna smartphone baru di negara-negara berkembang. Aplikasi tersebut sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan bisa diunduh oleh pengguna perangkat yang menjalankan OS Android 8.1 ke atas. [GP]

SHARE