Membawa Setan Lokal Untuk Go Internasional - Male Indonesia
KOMUNITAS
Membawa Setan Lokal Untuk Go Internasional
MALE ID | Sport & Hobby

Meski menyeramkan, dunia hantu atau biasa dikatakan setan, kerap mendatakan rasa penasaran. Makanya tidak heran acara-acara yang berbau hantu laris ditonton. Bahkan ada YouTuber yang sengaja memburu hantu meski kadang lari terbirit-birit ketika tanda-tanda hantu itu muncul.

doc. pribadi

Selain mereka yang mencari hantu, justru ada beberapa anak muda Jakarta memunculkan sosok setan itu sendiri dalam bentuk action figure, khususnya untuk setan Indonesia. Mereka menyebutnya "Setan Lokal".

"Setan kita itu keren sekali, dari segi estetikanya paling aneh sendiri dari negara-negara lain," tutur Julian Aaron Widjaja, selaku pentolan Setan Lokal.

Julian mengaku telah menyurvei setan-setan di luar negeri, mulai dari Jepang, Eropa, Thailand, Malaysia, hingga Singapura. "Setan Indonesia itu aneh banget," ucapnya semangat. "Misalnya saja Pocong," lanjutnya.

Ketika dikaitkan dengan setan lain di luar negeri, menurut Julian, Pocong itu sebenarnya semacam Zombi. "Semua tahulah ya, Zombi itu jalan dan pekan daging sama otak manusia. Nah, Pocong, bisa loncat. Unik enggak tuh. Dari sana saja udah unik sendiri," jelas pria berkacamata itu.

Kegiatan Setan Lokal
Kepada MALE Indonesia, Julian Aaron Widjaja pun bercerita, semuanya berawal dari tahun 2015. Sebagai anak muda, tentu selepas pulang kerja atau sekadar mengisi libur akhir pekan, nongkrong menjadi aktivitas yang seru dan bisa membicarakan apapun.

doc. pribadi

Awalnya, kata Julian, tidak ada tempat khusus untuk berkumpul. Terkadang di Fatmawati, Blok M, Pasar Senen, dan beberapa tempat lain di Jakarta. 

"Awalnya dari nongkrong, dari ngobrol-ngobrol, cerita-cerita, enggak penting-penting amatkan ngobrolin setan, nah dari ngobrol enggak ada faedahnya itu, terus difaedahin," ucap Julian. "Bikinlah Setan Lokal," terangnya.

Alhasil, mereka yang awalnya berjumlah delapan orang, membuat sebuah action figur sebagai kegiatan "berfaedah" mereka. Action figur awal yang dibuat adalah Kuntilanak. 

"Soalnya saya dari kecil suka sama Kutilanak. Saya suka sama Suzana, cantik banget. Tapi pas jadi main film, serem banget. Terus kedua Pocong. Pocong lebih sulit, karena harus detil banget kan," ucapnya sambil tertawa.

Seiring berjalannya waktu, kata dia, kadang Setan Lokal juga membuat workshop untuk pembuatan action figur setan di kawasan Arteri Pondok Indah. "Siapapun boleh ikut dan gabung, bisa cek Instagram kita aja di @ggnwtoys," ajak Julian.

Memperkenalkan Setan Lokal (Indonesia) ke Dunia
Setan bukan hanya sebuah makhluk halus, kata Julian, tetapi juga membawa unsur budaya di dalamnya. Karena setiap setan memiliki cerita masing-masing di dalamnya. Maka dari itu, Julian berharap bisa memperkenalkan setan lokal ke dunia, minimal ke Asia dan Eropa. 

doc. pribadi

"Saya bangga ketika kami membawa setan lokal ke luar negeri, dipamerin. Mereka kaget dan mengaku seram melihat setan yang kami bawa. Karena memang kita juga mengakui kan, setan kita serem banget. Bahkan kejadian yang ada kaitannya dengan setan juga aneh dan ajaib," tutur Julian.

Intinya, kata dia, setan lokal tidak hanya diakui di dalam negeri saja, tetapi juga bisa dikenal di luar negeri. "Pengen ke level lebih "dewa" lagilah, kita juga pengen nampilin setan-setan di comi con, di event-event cosplay, dan event dunia lainnya," harap Julian. *** (SS)

SHARE