Kelebihan Tombol Power Android, Apakah Anda Tahu? - Male Indonesia
Kelebihan Tombol Power Android, Apakah Anda Tahu?
Sopan Sopian | Digital Life

Apapun perangkat yang digunakan, tombol power memiliki peran yang sangat penting. Tanpa tombol tersebut, pengguna tidak akan dapat menggunakan perangkat miliknya, karena tak ada sarana untuk menghidupkan. Begitu pula untuk ponsel yang berbasis Android.

Tombol Power - Male Indonesia

Tapi tahukah Anda bahwa tombol Power di Android memiliki banyak fungsi. Artinya bukan sekedar untuk menyalakan atau mematikan smartphone. Ini dia beberapa fungsi tombol power yang perlu Anda ketahui.

Menyalakan dan Mematikan Layar
Ini adalah fungsi tombol power yang pasti sudah Anda ketahui. Dengan menekan dan menahan tombol power selama sekitar tiga detik, Anda bisa menyalakan atau smartphone Anda. Bayangkan jika tidak ada tombol power, Anda harus mencabut baterai jika hendak menyalakan atau mematikan smartphone. Bagaimana kalau smartphone Anda menggunakan baterai non-removable atau baterai tanam?

Mengunci Layar Smartphone
Selain untuk mematikan atau menghidupkan, fungsi tombol power yang satu lagi adalah mengunci layar. Jika Anda mengaktifkan lockscreen di Android, secara default Android Anda akan terkunci setelah layar padam selama 3 detik. Tapi Anda bisa mengubahnya untuk secara langsung terkunci setiap kali Anda menekan tombol Power.

Airplane Mode
Dengan menekan dan menahan tombol Power selama 5 detik, Anda tidak hanya hanya bisa mematikan smartphone. Akan tetapi juga bisa masuk ke Airplane Mode. Jika tidak ingin menggunakan fungsi tombol Power untuk masuk Airplane Mode, Anda bisa masuk lewat Quick Setting yang ada di pengaturan smartphone Anda.

Restart Mode
Fungsi tombol power bukan hanya untuk menyalakan atau mematikan smartphone, akan tetapi berfungsi sebagai tombol Restart. Jika Anda menekan dan menahan tompol power selama 5 detik, Anda akan menemukan 3 pilihan menu di layar smartphone Anda. Salah satunya adalah restart.

Recovery Mode
Recovery Mode adalah sebuah mode spesial yang menyediakan banyak pilihan, rata-rata pengguna lain tidak tahu. Biasanya para pengoprek mode sudah biasa mendengar hal ini. Untuk masuk Recovery Mode, Anda biasanya harus menekan tombol kombinasi antara tombol Power dan Volume atas, atau tombol Power + Volume atas + tombol Home

Tapi semuanya tergantung kombinasi masing-masing perangkat. Dengan masuk ke Recovery Mode, Anda dapat melakukan banyak hal seperti penghapusan semua data, membersihkan cache, serta dapat juga menjalankan update dari Android Debug Bridge. 

Safe Mode
Safe Mode dapat digunakan untuk menghapus virus di Android dan akan membuat smartphone Anda menjadi ringan dan lancar. Kebanyakan Android bisa masuk Safe Mode dengan cara menekan tombol Power dalam keadaan mati, lalu menekan tombol Volume atas dan bawah secara bergantian. Akan tetapi semuanya bergantung pada masing-masing perangkat Android Anda. *** (SS)

SHARE