Pilihan Transportasi Menuju Sumut dari Kualanamu - Male Indonesia
Pilihan Transportasi Menuju Sumut dari Kualanamu
MALE ID | Relax

Medan termasuk dalam kota besar di Indonesia yang menjadi destinasi favorit warga lokal dan internasional. Medan memiliki salah satu destinasi populer seperti Danau Toba. 


Photo: OktaRama2010/Wikipedia

Medan memiliki banyak kuliner istimewa seperti Bika Ambon dan Durian Ucok. Medan tak akan pernah habis untuk dieksplorasi sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Nah, apakah Anda berencana liburan ke Sumatera Utara? Atau ada perjalanan pribadi lainnya ke Medan dalam waktu dekat dan bingung bagaimana menuju pusat kota Medan dari bandara Kualanamu?

Tenang, Bandara Kualanamu yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini termasuk bandara paling terintegrasi di Indonesia sehingga tak akan sulit menemukan moda transportasi umum untuk keluar maupun menuju bandara ini.

Ada banyak pilihan transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju pusat Kota Medan atau kota-kota lain di Sumatera Utara, seperti Kisaran, Tebing, Siantar dan sebagainya. Mulai dari kereta bandara, bus Damri, bus antar kota, taksi hingga mobil travel untuk tujuan luar kota Medan. 

Untuk bus Damri dari Bandara Kualanamu memiliki beberapa rute, yaitu menuju Plaza Medan Fair, Stasiun Amplas, Ring Road hingga kota Binjai. Maka dari itu, agar jelas dan membantu wisawatan yang pertama kali berkunjung ke Medan, berikut ini ada pilihan transportasi umum di Bandara Kualanamu yang bisa jadi pilihan.

1. Kereta Bandara
Bandara Kualanamu adalah bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan kereta bandara Railink. Posisi stasiun kereta bandara ini tepat berada di depan pintu kedatangan sehingga mudah menemukannya. Rutenya pun hanya satu. Bandara-Stasiun Besar Medan yang berada di pusat kota.

Kereta bandara ini berangkat setiap 30 menit sekali dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menuju pusat Kota Medan. Kereta bandara memiliki kursi yang nyaman, Wi-Fi gratis dan tentu saja waktu tempuh yang relatif cepat menuju pusat kota.

2. Bus Damri 
Selain kereta bandara, Anda juga bisa naik bus Damri di Bandara Kualanamu. Ongkosnya bervariasi sesuai dengan rute yang dipilih. Jika ingin menginap di pusat kota, ambillah rute bandara-Plaza Medan Fair, karena pool Damri terintegrasi dengan mal yang lumayan lengkap.

Bus Damri di Bandara Kualanamu berada di area parkir sebelah kanan setelah pintu keberangkatan. Tinggal berjalan lurus hingga parkiran bus dan temukan jejeran bus Damri sesuai jurusan yang tertera di penunjuk arah yang ada di atasnya.

3. Bus Antarkota/travel
Jika langsung ingin ke Danau Toba atau kota-kota lain di Sumatera Utara, tersedia bus antarkota maupun travel yang menawarkan rute hingga ke kota Siantar maupun kota Tebing. Posisi bus dan travel ini juga berada di kawasan yang sama dengan bus Damri.
 
Anda tak akan kesusahan menemukan moda transportasi ini. Untuk ongkosnya bervariasi tergantung tujuan. Armada yang dipakai pun bus eksekutif maupun mobil pribadi yang disulap menjadi kendaraan travel.

4. Taksi
Jika ingin lebih merasa aman dan nyaman menggunakan taksi bermeter untuk keluar dari bandara menuju hotel atau tujuan lainnya, tersedia taksi resmi yang beroperasi di bandara ini. Letak poolnya berada di sebelah kiri dari pintu kedatangan atau tepat di samping stasiun kereta bandara.

5. Taksi Online
Bagi pengguna aplikasi transportasi online juga bisa memesan taksi online di Bandara Kualanamu. Tidak seperti bandara lain yang membatasi operasional taksi online di bandara, Anda justru bisa bebas memesan taksi online di bandara ini. Bahkan salah satu ride hailing app populer di Indonesia juga telah secara resmi beroperasi di bandara. *** (SS)

SHARE